SEGERA! Dispar Buka Pemilihan Duta Kopi Empat Lawang 2023, Catat Tanggalnya!

SEGERA! Dispar Buka Pemilihan Duta Kopi Empat Lawang 2023, Catat Tanggalnya!

Pendaftaran pemilihan Duta Kopi Empat Lawang tahun 2023. Foto: ISTIMEWA.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kabupaten EMPAT LAWANG merupakan salahsatu dari daerah penghasil kopi yang terkenal di Indonesia.

Hal itu tentu tak mengherankan, mengingat kopi robusta Empat Lawang pernah mendapatkan sertifikasi Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada 2017 silam.

Kemudian pada 2018, kopi robusta Empat Lawang juga masuk nominasi 16 besar kopi terbaik se Indonesia, bersaing dengan kopi dari Sumatera Utara, Lampung, hingga Flores.

BACA JUGA:Kisah Kereta Berjalan Sendiri Tanpa Masinis di Stasiun Semarang Poncol, 6 Rumah dan Kadang Kambing Jadi Korban

Karena kopi robusta inilah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab), melalui Dinas Pariwisata (Dispar) kembali membuka pendaftaran pemilihan Duta Kopi Empat Lawang tahun 2023.

Pendaftaran sendiri akan dimulai pada tanggal 4 hingga 6 September 2023, kemudian dilanjutkan babak audisi pada 7 September, karantina tanggal 9 September, dan malam Grand Final pada tanggal 10 September.

Kepala Dinas Pariwisata Empat Lawang, Mgs A. Nawawi, mengatakan bahwa Empat Lawang membutuhkan duta kopi sebagai mitra pemerintah untuk ikut mempromosikan kopi.

BACA JUGA:Sejarah Pembangunan Bendungan Jatiluhur di Purwakarta: Cerita Mbah Jawer Sang Penunggu Waduk

"Karena Kabupaten Empat Lawang merupakan salahsatu Kabupaten penghasil kopi terbaik di Indonesia," ujarnya saat diwawancarai, Jumat, 1 September 2023.

"Kamis mengajak pemuda dan pemudi di Kabupaten Empat Lawang yang memahami tentang kopi untuk berpartisipasi dalam rangkaian pemilihan duta kopi. Duta kopi ini juga dilakukan kompetisi sampai tingkat nasional," tambahnya.

Tak jauh berbeda dengan Kadis, Kepala Seksi Hak Paten dan Ekonomi Kreatif, Erwin Robyanto mengatakan, Empat lawang merupakan penghasil kopi terbesar di Sumsel.

BACA JUGA:Ritual Aneh Tak Masuk Akal, Mau Jadi Pria Sejati Jalani Ritual Sunatan dengan Berhubungan Badan, Ngeri

"Maka kita ingin Output nya bisa ada produk unggulan. Yang mana produk ini bisa di pasarkan secara nasional," ungkapnya.

"Sehingga orang luar mengenal Empat Lawang dengan menikmati cita rasa kopi yg berkualitas dari Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati dan melalui Duta kopi inilah ajang promosi kopi Empat Lawang," lanjut Roby yang juga merupakan ketua panitia pelaksana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: