Misteri Stasiun Manggarai, Suara Anak Kecil Sedang Bermain di Saat Malam Hari, Peninggalan Kisah Tragis!

Misteri Stasiun Manggarai, Suara Anak Kecil Sedang Bermain di Saat Malam Hari, Peninggalan Kisah Tragis!

Stasiun Kereta Api Manggarai.-Istimewa-

BACA JUGA:Kisah Misteri Stasiun Manggarai, Sejarah Djakarta Tempo Doeloe

Keangkerannya yang misterius telah menjadikannya destinasi menarik bagi para pencinta petualangan, peneliti paranormal, dan siapa pun yang ingin merasakan getaran mistis yang begitu kuat di dalam dinding-dindingnya. 

Meskipun zaman terus berputar, kenangan tragis dan misterius Stasiun Manggarai tetap tertanam dalam ingatan kolektif, mengingatkan kita akan sisi gelap yang kadang menyelimuti keindahan sejarah. 

Sejarah Stasiun Manggarai, dari Kampung Hingga Sentral Transportasi

Wilayah Manggarai, di Batavia (Jakarta), memiliki akar sejarah yang merentang hingga abad ke-17. 

BACA JUGA:Kisah Kereta Berjalan Tanpa Masinis dan Penumpang di Stasiun Manggarai

Pada awalnya, wilayah ini menjadi tempat tinggal dan pasar bagi budak yang berasal dari Manggarai, Flores. Dalam Gementee Meester Cornelis, wilayah ini tumbuh menjadi sebuah kampung yang bersemangat. 

Jejak perjalanan kereta api di wilayah ini dimulai dengan pendirian oleh perusahaan swasta, yaitu Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM), dengan lintas Jakarta-Buitenzorg (Bogor). 

Sebagai bagian penting dari lintas tersebut, Stasiun Bukitduri (kini depo KRL) dibangun sebagai tempat pemberhentian.

Pada tahun 1913, jaringan kereta api di Jakarta berpindah tangan ke perusahaan kereta api Negara, Staatssporwegen (SS). 

BACA JUGA:Misteri 5 Stasiun Kereta Api yang Terkenal Angker di Indonesia, Nomor Satu Manggarai Jakarta Selatan

Ini terjadi setelah SS mengakuisisi jalur Jakarta-Bekasi yang sebelumnya dimiliki oleh Bataviaasche Ooster Spoorweg Maatschappij (BOS) tahun 1899 dan jalur Jakarta-Bogor milik NISM tahun 1913. 

Setelah mengambil alih, SS merombak jalur kereta api di Jakarta, termasuk melakukan pembongkaran Stasiun Boekitdoeri yang awalnya dimiliki oleh NISM, dan membangun Stasiun Manggarai.

Proses pembangunan Stasiun Manggarai dimulai pada tahun 1914, dengan arsitek Belanda bernama Ir. J. Van Gendt memegang kendali. 

Di samping stasiun, juga dibangun fasilitas lain seperti balai yasa dan rumah dinas pegawai SS. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: