Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Joncik: Tetap Waspada

Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Joncik: Tetap Waspada

Komandan upacara, Ipda Akbar, saat berikan laporan kepada Inspektur upacara, Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad, Kamis (1/6). Foto: Muhammad Farrel/Rakyat Empat Lawang.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Empat Lawang menggelar upacara hari lahir Pancasila, dilapangan Kantor Bupati, pada Kamis, 1 Juni 2023.

Hadir dalam upacara tersebut Bupati Empat Lawang, Dr. Joncik Muhammad M.H, Dandim 0405/Lht Letkol Inf Toni Oki Priyono S.I.P, Kapolres Empat Lawang AKBP Helda Prayitno Sik, Sekda Fauzan Khoiri AP, Kepala BNN AKBP Gilang, Ketua DPRD Kabupaten Empat Lawang Persi SE, Pabung Kapten Inf Mulyadi, Danramil Tebing Tinggi Kapten Czi Gunawan, PJU Polres Empat Lawang, Ketua Darma Wanita Ibu Persit dan Ibu Bhayangkari, serta seluruh jajaran kepala dinas, asisten dan kepala bagian dilingkungan pemkab Empat Lawang.

BACA JUGA:Wow! Tol Trans Sumatera Yang Melewati Tebing Tinggi Ini Ditargetkan Rampung Juli 2023

Dimulai pukul 07.15 WIB, dengan Ipda Akbar sebagai komandan upacara dan Letda Arh Gunawan sebagai perwira upacara.

Peserta upacara sendiri berasal dari aparat hukum, forkopimda, dan barisan pelajar.

Dalam amanatnya, Joncik Muhammad selaku inspektur upacara mengatakan, agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar Bangsa dan Negara.

BACA JUGA:PD Abis Bakal Digandeng Prabowo, Cak Imin Bahkan Tak Mau Berpikir Jika Tak Dipilih

"Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar Bangsa dan Negara, dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah ke-bhineka tunggal ika-an kita," tutur Joncik.

"Namun, kehidupan berbangsa dan bernegara sedang diuji, dengan adanya pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinekaan, sikap tidak toleran dan mengusung ideologi selain Pancasila, kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri. Dengan Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila Berbagai upaya terus dilakukan. Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Pembinaan Ideologi Pancasila," imbuhnya.

Ia juga menghimbau agar tetap waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila.

BACA JUGA:PAN Empat Lawang Belum Lirik Figur Pengganti Yulius Maulana di Pilkada 2024

"Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia. Selamat Hari Lahir Pancasila," ujar Joncik menutup amanatnya.

Setelah upacara selesai, Polsek tebing tinggi diberikan piagam penghargaan dalam mengungkap tindak kejahatan dan gakum kasus pencurian dengan pemberatan (kabel tower sutet di kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang). (cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: