Jajaran 10 Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia, Salah Satunya Ada di Sumsel

Jajaran 10 Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia, Salah Satunya Ada di Sumsel

ILUSTRASI --

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Lulus di Sekolah Menengah Pertama (SMP), tidak mesti harus memilih Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk melanjutkan pemdidikan.

Ada beberapa opsi bagi lulusan SMP jika ingin melanjutkan pendidikan selain SMA, antara lain Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA).

BACA JUGA:Keren! Sekolah Ini Masuk Jajaran 8 Sekolah Terbaik se-Provinsi Lampung

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang Madrasah Aliyah, sebab melanjutkan pendidikan ke Madrasah Aliyah bisa menjadi pilihan setelah tamat di jenjang SMP.

Untuk diketahui, saat ini Madrasah Aliyah dikenal sebagi satuan pendidikan yang hampir sama dengan Sekolah Menengah Atas atau SMA.

BACA JUGA:Sepuluh Daerah di Sumsel Rentan Korupsi, Empat Lawang Masuk Salah Satunya

Sama dengan SMA, Madrasah Aliyah juga menerapkan kurikulum yang sama dengan kurikulum Sekolah Menengah Atas, hanya saja pada Madrasah Aliyah terdapat porsi lebih banyak mengenai pendidikan agama Islam.

Oleh karena itu, di Madrasah Aliyah para siswa bisa mendapat pelajaran-pelajaran seperti Alquran Hadits, Aqidah Akhlaq, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab.

BACA JUGA:Wajib Diketahui, Ini 11 SMA Terbaik di Sumatera Selatan!

Di Indonesia terdapat 9.448 Madrasah Aliyah per tahun ajaran 2021/2022.

Ribuan Madrsah Aliyah itu ada yang dikelola oleh pihak swasta (Madrasah Aliyah Swasta), ada pula yang dikelolah negeri (Madrasah Aliyah Negeri).

BACA JUGA:Jangan Bingung! Ini Dia Top 4 SMA di Provinsi Jambi

Nah, berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), akan kami rangkum 10 Madrasah Aliyah terbaik di Indonesia.

Untuk diketahui, LTMPT memiliki daftar Seribu sekolah dengan nilai Ujian Tes Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 terbaik di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: