Budaya Gotong Royong Masih Terjaga di Desa Ini

Budaya Gotong Royong Masih Terjaga di Desa Ini

Warga Desa Baturaja Lama yang bergotong royong saat salah warganya mengadakan hajatan. Foto: Andika/REL--

EMPATLAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Penduduk kabupaten Empat Lawang dikenal sebagai penduduk yang ramah .Di samping itu juga, Empat Lawang terkenal dengan budaya gotong royong, khususnya di pedesaan. 

Budaya gotong royong sangat kental dengan masyarakat desa. gotong royong (solidaritas sosial) merupakan bentuk kepedulian atau keprihatinan seseorang terhadap orang lain.

BACA JUGA:Budayakan Gotong Royong di Tengah Masyarakat

sehingga ia rela memberikan waktu, tenaga atau pikirannya untuk orang lain. Budaya inilah yang masih dipegang oleh masyarakat di desa Baturaja Lama kecamatan Tebing Tinggi kabupaten Empat Lawang.

Sebagai contoh, di desa Baturaja Lama telah rutin melaksanakan gotong royong adat, di mulai adat saat ada salah satu warga melakukan hajatan pada saat itulah warga berkumpul melakukan gotong royong.

BACA JUGA:Jaga dan Pertahankan Budaya Kearifan Lokal

Gotong royong tersebut di lakukan masyarakat seperti memasak nasi dan memotong ayam membersihkannya untuk di sayur santapan ketika hajatan.

Seorang warga desa Baturaja Lama, Darwansayah (31) mengungkapkan di desanya adat gotong royong selalu terlaksana ketika ada salah satu warga di desa ini melakukan hajatan.

BACA JUGA:Geber PPKD Inventarisir Aset Kebudayaan

"Seperti ketika hajatan pernikahan serta adanya musibah ada salah seorang warga desa ada yang meninggal dunia," ucapnya

"Saat ada yang melakukan hajatan para warga berkumpul untuk saling membantu masak masak mempersiapkan santapan ketika saat dilakukanya hajatan, paparnya. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: