Bila Ini Terjadi, Anies Gagal Nyapres?

Bila Ini Terjadi, Anies Gagal Nyapres?

Anies Baswedan dan Keluarga saat Hendak Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal. DISWAY.ID--

BACA JUGA:Anies-AHY Bertemu Satukan Energi Semangat Perubahan dan Perbaikan

"Dibanding Khofifah, Andika Perkasa, hingga Sandi Uno, nama AHY dan Aher lebih merepresentasikan narasi perubahan yang belakangan telah menjadi tagline sosialisasi Anies dan Partai NasDem," ujar Umam.

Karenanya, ia menganggap penolakan terhadap AHY maupun Aher justru akan mengulur proses negosiasi bahkan bisa berujung Anies gagal sebagai capres.

BACA JUGA:Bupati Empat Lawang dan Istri Hadiri Resepsi Pernikahan Putri Sulung Anies Baswedan, Mutiara Anisa Baswedan

Sejak dikabarkan akan maju di Pilpres 2024 dengan dukungan partai Nasdem, PKS, dan Demokrat, Anies Baswedan terus melakukan safari politik.

Walau demikian, pengamat politik Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin menilai posisi Anies Baswedan masih sulit.

BACA JUGA:Demokrat Sumsel Siap Dukung Pasangan Anies - AHY di Pilpres 2024

Dilihat juga belakangan, Surya Paloh tampak rajin mengunjungi sejumlah elit partai seakan memberikan sinyal ketidak amanan posisi pihaknya dan berpotensi dapat berubah haluan sewaktu-waktu.

Ujang Komarudin juga memprediksi posisi Anies Baswedan akan sulit kalau NasDem dan PKS bergabung ke KIB (Koalisi Indonesia Bersatu).

BACA JUGA:Lha Kok! Ada Perjanjian Politik Bahas Ganjar, Anies dan Prabowo Hingga Puan Maharani?

Namun apabila NasDem dan PKS tetap bergabung dengan KIB, maka besar kemungkinan Anies Baswedan tak dicalonkan sebagai capres, bahkan bisa tak dicalonkan sama sekali.

Ujang juga menilik, apabila Anies bergabung di KIB sebagai cawapres, besar kemungkinan mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan dipasangkan dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

BACA JUGA:Bupati Ini Siap Menangkan Ganjar Pranowo di Sumsel

"Mungkin komprominya bisa saja NasDem PKS mengusulkan Anies sebagai cawapres, capresnya (KIB) kan kemungkinan Ganjar," ujarnya.

Namun, ketika KIB memasangkan Ganjar dengan Menteri BUMN, Erick Thohir sebagai cawapres, maka peluang Anies untuk berkontestasi di Pilpres 2024 mendatang sudah tertutup rapat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: