Apa Itu Bisnis Franchise? Para Pebisnis Wajib Tahu, Berikut Penjelasannya

Apa Itu Bisnis Franchise? Para Pebisnis Wajib Tahu, Berikut Penjelasannya

BISNIS: Tangkapan layar Bisnis franchise.-FOTO: RATI-REL

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Bisnis franchise adalah model Bisnis di mana pemilik merek atau perusahaan induk (franchisor) memberikan hak kepada pihak lain (franchisee) untuk menggunakan merek, sistem, dan bahan baku tertentu untuk menjalankan Bisnis yang sama dengan Bisnis milik franchisor.

Dalam model bisnis franchise, franchisee membayar biaya awal dan royalti kepada franchisor untuk mendapatkan hak tersebut.

BACA JUGA:10 Jabatan Eselon II Dilelang

Franchisee mendapatkan manfaat dari model bisnis franchise karena mereka dapat memanfaatkan merek dan sistem yang sudah dikenal dan memiliki pelanggan yang setia.

Selain itu, franchisee juga mendapatkan dukungan dari franchisor seperti pelatihan, dukungan pemasaran, dan bahan baku berkualitas.

BACA JUGA:Selamat Jalan Sahabat

Beberapa istilah yang sering digunakan dalam bisnis franchise antara lain:

Franchisor: Pihak yang memberikan hak kepada pihak lain untuk menggunakan merek, sistem, dan bahan baku tertentu untuk menjalankan bisnis yang sama.

BACA JUGA:OTT KPK Amankan Pejabat Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Semarang

Franchisee: Pihak yang memperoleh hak untuk menggunakan merek, sistem, dan bahan baku tertentu dari franchisor untuk menjalankan bisnis yang sama.

Royalti: Biaya yang harus dibayar oleh franchisee kepada franchisor sebagai pengganti penggunaan merek, sistem, dan bahan baku tertentu.

BACA JUGA:Viral! WNI Ini Menang Juara 2 Lomba Adzan Tingkat Dunia

Biaya awal: Biaya yang harus dibayar oleh franchisee kepada franchisor sebagai biaya untuk memperoleh hak menggunakan merek, sistem, dan bahan baku tertentu.

Franchise agreement: Kontrak antara franchisor dan franchisee yang mengatur hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: