Kenalkan Biosaka ke Petani, Apa Itu Bioska?!

Kenalkan Biosaka ke Petani, Apa Itu Bioska?!

BIOSAKA: Pembuatan cairan Biosaka yang diikuti penyuluhan pertanian di BPP Atung Bungsu Kecamatan Dempo Selatan. -Foto: Istimewa.-

PAGARALAM, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID – Menggalakkan pertanian organik, Balai Penyuluh pertanian (BPP) Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan mengenalkan cara pembuatan Biosaka kepada para petani.

“Biosaka ini fungsinya memperbaiki sel tanaman dan memberikan sinyal supaya pemanfaatan hara di tanah lebih baik. Biosaka bukan pupuk, bukan pula pestisida, bukan juga hormon,” ucap Kepala BPP Atung Bungsu, Agustomo SP. 

Dikatakan Agustomo, biosaka ini adalah larutan yang dibuat dengan cara mengekstrak sejumlah jenis tumbuhan, berperan sebagai elisitor yang dapat meningkatkan produktivitas tanaman. Selain itu Biosaka penting untuk menjaga unsur hara tanah. 

BACA JUGA:Angkut Hasil Pertanian Masih Sulit?!

Pada kesempatan pelatihan yang melibatkan petugas PEEP POPT, penyuluh pertanian ini sebagai bentuk dukungan BPP Atung Bungsu terhadap pengembangan di sektor pertanian.

“Penggunaan Biosaka dalam usaha tani merupakan salahsatu upaya perlindungan tanaman berbasis ekologi untuk menjaga kelestarian lingkungan,” ucap Agustomo di sela menyampaikan materi pertemuan 2 Mingguan bersama penyuluh pertanian di Kantor BPP Atung Bungsu.

Giat yang diinisiasi BPP Atung Bungsu akan direcord, implementasinya di lapangan. Dalam hal ini akan dilihat reaksi tanaman terhadap penggunaan Biosaka yang cara penggunaannya cukup disemprot embun. 

BACA JUGA:Pemilihan Duta Pertanian Sumsel 2022, Empat Lawang Raih Tiga Penghargaan

“Pengenalan Biosaka ini direspon dengan antusias petani. Nantinya mereka siap menyiapkan demplot-demplot oleh Poktan,” pungkas Agustomo. (Rer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: