Siswa SMK Negeri 1 Empat Lawang Ikuti Bimbingan Pranikah

Siswa SMK Negeri 1 Empat Lawang Ikuti Bimbingan Pranikah

FOTO: ANITA/REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) N 1 Empat Lawang didatangi oleh Kemenag Kabupaten Empat Lawang.

Kedatangan dari Kemenag Empat Lawang ke SMKN 1 Empat Lawang yakni untuk bimbingan pranikah remaja usia sekolah angkatan IV.

Bimbingan pranikah berlangsung di Aula SMK N 1 Empat Lawang yang diikuti oleh siswa kelas X dan XI.

Kepala SMKN 1 Empat Lawang, Panyahuti mengatakan kegiatan bimbingan pranikah remaja usia sekolah yang diberikan oleh pihak Kemenag sangat membantu membuka pikiran siswa agar terhindar dari pernikahan dini. 

BACA JUGA:Nyeraka Agok'an Tradisi Pernikahan di Kabupaten Empat Lawang

Seperti yang diketahui bawah usia remaja ialah usia yang rentan dipengaruhi oleh lingkungan, tak jarang juga siswa yang menikah sebelum tamat sekolah. 

"Inilah pentingnya kegiatan bimbingan pranikah usia sekolah agar siswa tidak melakukan pernikahan dini," kata Panyahuti. 

Selain itu, Panyahuti menambahkan menikah tanpa rencana bisa jadi bencana, salah satunya ialah berpotensi untuk stunting.

"Oleh karena itu siswa harus diberikan pemahaman bahwa menikah itu harus ada persiapan-persiapan untuk mencegah terjadinya stunting," tambah Panyahuti. 

BACA JUGA:Tekan Laju Pemohon Dispensasi Nikah, Ini yang Dilakukan Pengadilan Agama Pagaralam

Materi tentang bimbingan pranikah remaja usia sekolah diberikan oleh Ahmad Armansyah selaku Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tebing Tinggi.

Armansyah membawakan materi masalah pernikahan dini, undang undang yang mengatur tentang pernikahan, batas usia minimal pernikahan, persiapan-persiapan pernikahan, rukun dalam melaksanakan prosesi ijab qobul, serta nasihat-nasihat kepada anak muda agar jangan menganggap mudah dalam melakukan pernikahan, karena pernikahan adalah sumpah seumur hidup.

BACA JUGA:Mau Nikah (Lagi)?, Baca Seksama Syarat dan Alur Prosedur Nikah di Sini, Poligami Juga Bisa

"Harapannya siswa selalu semangat dalam belajar dan bisa menamatkan sekolah," harap Armansyah. (Ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: