Ide Usaha: Memanfaatkan Pekarangan Usaha Jual Beli Bibit Sawit

Ide Usaha: Memanfaatkan Pekarangan Usaha Jual Beli Bibit Sawit

SAWIT : Bibit sawit yang dikelolah oleh Jaya warga Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Rabu (8/2/2023). FOTO : RATI/REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Petani Khususnya di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten EMPAT LAWANG, banyak beralih bercocok tanam ke tanaman Sawit.

Pasalnya Sawit sangat menjanjikan untuk ditekuni baik di Sektor Perekonomian hasilnya mencukupi.

Apalagi sektor bidang ekonomi ini sangat berpengaruh oleh aktivitas Perdagangan Kelapa Sawit Dunia.

Salah seorang petani sawit di Empat Lawang, Jaya (30) yang menekuni usaha jual beli bibit sawit.

BACA JUGA:Harga Kelapa Sawit Mengalami Kenaikan

Dengan bermodalkan hobi dan tekad yang kuat agar bisa merawat bibit sawit yang bagus dan membuat pelestariannya di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang ini.

Jaya memulai usahanya dengan menanam bibit sawit di pekarangan rumahnya yang berlokasi di jalan Sungai Lidi Kelurahan Pasar Tebing Tinggi. Dengan lahan seadanya Jaya memulai menanam dan merawat benih bibit sawit.

"Saya memang suka tanaman, waktu itu punya inisiatif untuk menanam benih sawit yang baik dan bagus," ungkap Jaya, Rabu (8/2/2023).

"Jika ada yang mencari bibit terbaik bisa di cari di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang tidak perlu jauh-jauh ke daerah lain" ujar Jaya.

BACA JUGA:Supaya Tanaman Kelapa Sawit Subur, Ini Tips Ala Petani Desa

Menurutnya tidak mudah mencari bibit sawit yang bagus dan kualitas baik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat memilih benih bibit sawit seperti Batangnya berukuran pendek dan tebal, daun yang lebar tidak tergulung, Biji tidak retak dan akar tidak terlalu panjang.

Proses penanaman memakan waktu sekitar enam bulan untuk bisa digunakan, setiap hari dilakukan pengecekan baik dari daun batang dan tempatnya dipastikan bersih dari hama.

Terakhir, sekalipun negara Indonesia merupakan produsen terbesar dunia, namun produktivitas kebun sawit di Indonesia masih rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: