Supaya Tanaman Kelapa Sawit Subur, Ini Tips Ala Petani Desa

Supaya Tanaman Kelapa Sawit Subur, Ini Tips Ala Petani Desa

FOTO: ANDIKA/REL RACUN: Petani sedang meracun rumput, Senin (2/1).--

EMPAT LAWANG - RAKYATEMPATLAWANG.COM - Tanaman kelapa sawit yang saat ini banyak diminati para petani selain hasil yang memuaskan dan juga gampang untuk ditanam serta cepat menghasilkan.

Berikut tips dan cara supaya tanaman kelapa sawit subur dan hasil panennya memuaskan.

BACA JUGA : Pantas Murah, Ini Perbedaan Antara TBS Sawit A dengan TBS Sawit B  

Seorang petani kelapa sawit Zulharis mengungkapkan kalau mau tanaman kelapa sawit subur dan hasil panennya memuaskan pertama harus memilih bibit yang terbaik. 

"Selain bibit terbaik kita juga perlu melakukan perawatan dari tanaman kelapa sawit tersebut. Seperti membersihkan lahan tempat tanaman kelapa sawit yang akan kita tanam setelah itu kita lakukan pengukuran jarak pada penanaman dan lakukan penggalian pada tanah, barulah kita tanam," jelas Zulharis.

Setelah penanaman, masih perlu merawat dan menjaga membersihkan tumbuhan liar agar supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman kelapa sawit tersebut.

BACA JUGA : Harga Sawit Anjlok Rp 800 Per Kilogram, Petani Sawit Empat Lawang Menangis  

Selain melakukan pembersihan rumput liar yang tumbuh di sekitarnya, juga perlu melakukan pemupukan supaya tanaman kelapa sawit tumbuh dengan subur.

Ketika pohon kelapa sawit sudah besar tumbuh dengan subur dan sudah mulai menghasilkan buah, petani harus merawat kelapa sawit supaya rumput liar tidak tumbuh di sekitarnya.

"Kemudian kita lakukan kembali pemupukan kalau di awal hanya pupuk penyubur tanaman kali ini kita lakukan pemupukan penyubur pohon dan juga perangsang buah agar cepat menghasilkan buah serta menghasilkan panen yang memuaskan," tutupnya. (Dik) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: