Agar Tak Salah Pilih Jurusan, Ini yang Harus Dilakukan Calon Mahasiswa Baru

Agar Tak Salah Pilih Jurusan, Ini yang Harus Dilakukan Calon Mahasiswa Baru

ilustrasi-Net-

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kebimbangan pastinya sedang menyelimuti para pelajar yang ingin melanjutkan perjalanan pendidikannya ke perguruan tinggi kelak. 

Bimbang dan takut jika jurusan tersebut tidak sesuai dengan minat dan bakatnya, tapi juga takut jika jurusan yang diminati malah peluang lulusnya kecil. 

Dengan segala pikiran yang semakin berkecamuk di dalam otak membuat para pelajar lebih memilih untuk bertanya kepada orang tua.

BACA JUGA:Apa Perbedaan Pendidikan Akademik dan Pendidikan Vokasi?

Padahal jika mereka bisa mempelajari tips-tips ini mereka tidak akan salah jurusan.

1. Pastikan minat diri sendiri

Untuk memastikan diri kalian tidak akan salah jurusan dimulai dari memastikan minat yang ada di dalam diri kalian sendiri, agar ketika kalian memulai dunia perkuliahan kalian tidak akan merasa kesulitan.  

Jika kalian memiliki minat di bidang Sains dan kalian memilih jurusan di bidang sosial itu akan berdampak kepada jalannya perkuliahan kalian nantinya.

BACA JUGA:3 Tips Lolos Beasiswa ke Turki, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Karena pada semester awal kalian tidak akan begitu merasakan salah jurusan tetapi jika sudah memasuki semester atas kalian akan merasa jurusan tersebut tidak sesuai dengan diri kalian.

2. Konsultasi Kepada yang lebih berpengalaman

Agar makin yakin dengan jurusan yang kalian pilih, kalian harus berkonsultasi atau berkomunikasi dengan kakak-kakak tingkat kalian yang telah lebih dulu mengalami kondisi seperti yang kalian alami saat ini. 

Karena dengan berkonsultasi kepada yang lebih berpengalaman membuat kalian sedikitnya mengetahui tentang jurusan yang kalian pilih itu akan sesuai tidak dengan diri kalian sendiri nantinya. 

BACA JUGA:5 Hal yang Mengharuskan Kalian Kuliah di UNIB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: