Apa Perbedaan Pendidikan Akademik dan Pendidikan Vokasi?

Apa Perbedaan Pendidikan Akademik dan Pendidikan Vokasi?

ilustrasi-Foto: Anita-REL

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Sebelum para pelajar memilih di mana mereka akan melanjutkan perjalanan pendidikannya keperguruan tinggi mana, pelajar harus mengetahui apa sih bedanya Akademik dan Vokasi itu? 

Agar langkah yang diambil tidak berhenti di tengah jalan.

Infomasi mengenai perbedaan Akademik dan Vokasi menjadi materi pertama yang pastinya akan diberitahukan oleh guru BK atau guru yang membantu para pelajar dalam memilih jurusan nantinya. 

BACA JUGA:3 Tips Lolos Beasiswa ke Turki, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Banyak juga yang sering berpikir bahwa lulusan Sarjana Akademik jauh lebih bagus dari pada Sarjana Vokasi padahal itu semua tidak lah benar, karena baik Akademik maupun Vokasi memiliki keistimewaannya masing masing. 

Secara garis besar pendidikan Vokasi lebih menitikberatkan pada cara kerja ke lapangan dan sedikitnya teori, dan pendidikan Akademik lebih banyak menitikberatkan pada pelajaran atau materi dari pada turun ke lapangan.

Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan dibagi menjadi 3 kelompok yaitu Pendidikan Akademik, Vokasi dan Profesi

Baiklah di sini Miminakan membahas perbedaan Akademik dan Vokasi:

BACA JUGA:Ini Syaratnya Agar Dapat Beasiswa di Turki

1. Pendidikan Akademik

Pendidikan Akademik adalah pendidikan tinggi yang diarahkan terutama pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu.

Pendidikan akademik menyediakan  gelar Strata 1 (S1), Strata 2/ Magister (S2), Strata 3/Doktoral.

Merujuk pada Undang-undang Pendidikan Nasional pasal 15, ayat (1), arah pendidikan akademik adalah penguasaan dan pengembangan= cabang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, melalui proses pendidikan dan penelitian. Maka, output pendidikan akademik adalah insan akademik, ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi.

BACA JUGA:Apa Itu Sekolah Murid Merdeka Nadiem Makarim?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: