Pengawas Pembina Lakukan Pembinaan ke Sekolah

Pengawas Pembina Lakukan Pembinaan ke Sekolah

BINA: Pengawas Pembina sedang membina SMP N 2 Pendopo, Jumat (13/1).-Foto: Anita-REL

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pengawas Pembina Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang melakukan pembinaan ke SMPN 2 Pendopo, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (13/1).

Peserta pembinaan terdiri dari Kepala Sekolah, semua guru dan tenaga pendidikan lainnnya.

Unseri selaku salah satu Pengawas Pembina mengatakan pembinaan dilakukan rutin bergiliran pada setiap sekolah binaan di SMP Kabupaten Empat Lawang.

BACA JUGA: Disdikbud Lakukan Pembinaan 

"SMPN yang sudah dilakukan pembinaan yakni ada SMPN di Pasemah Air Keruh, Ulu Musi, Talang Padang, beberapa yang di Tebing Tinggi, Pendopo baru satu SMPN, dengan melibatkan pengawas lainnya yaitu Abdul Rozi," kata Unseri kepada Rakyat Empat Lawang, Jumat (13/1).

Pada pembinaan di SMPN 2 Pendopo, Unseri menyampaikan tentang raport pendidikan dan perencanaan berbasis data.

Dijelaskan oleh Unseri, raport Pendidikan merupakan hasil dari AKM yaitu asesmen nasional dan survei karakter siswa kelas 8 tahun 2021, survei lingkungan belajar kepada kepala sekolah dan guru, dapodik dan laporan BOS online yang terakumulasi di dashboard Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Indikator yang ada pada raport pendidikan memiliki level dari yang masih rendah sampai yang tertinggi. 

BACA JUGA:Disdikbud Empat Lawang Larang Lato-Lato Dibawa ke Sekolah

Indikator yang masih rendah itu yang harus ditelaah dan dipahami untuk dibuat kegiatan sesuai dengan rekomendasi yang telah tertulis guna untuk peningkatan capaian sekolah pada setiap indikator. 

Hal ini sebagai salah satu dasar dalam penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (Perencanaan berbasis data).

"Sebelumnya raport mutu pendidikan yang indikatornya melihat capaian 8 Standar Nasional Pendidikan yang didapat dari instrumen yang diisi oleh Tim Penjaminan mutu pendidikan tingkat sekolah. Sedangkan Tahun 2021 raport pendidikan sekolah didapat berdasarkan yang saya uraikan di atas," jelas Unseri. 

Jika setiap sekolah menjadikan raport pendidikan sekolahnya sebagai dasar dalam perencanaan kegiatan di sekolahnya terutama yang capaian masih rendah guna ditingkatkan capaiannya maka akan dapat meningkatkan raport pendidikan pada level Kabupaten.

BACA JUGA:Disdikbud Salurkan Program Bupati Lahat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: