Berbagai Macam Bansos Telah Disiapkan, Cek Bansos Apa Saja.?

Berbagai Macam Bansos Telah Disiapkan, Cek Bansos Apa Saja.?

Ilustrasi (Net).--

EMPATLAWANG,
RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Guna memulihkan perekonomian masyarakat akibat dampak pandemi dan pengaruh global pada tahun 2023, Pemerintah masih terus gencar memberikan bantuan melalui berbagai program bantuan sosial (bansos).

Setidaknya bansos ini untuk mengurangi tekanan ekonomi. Seperti dikatakan  Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati dalam rapat langsung dengan Jokowi di Istana Negara, belum lama ini mengatakan, pemerintah juga akan memberikan bantuan sosial tambahan sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM sebesar Rp 24,17 triliun.

BACA JUGA:Bukan Bansos, Ini Cara Mendapatkan Uang di Internet Mudah, Simpel dan Santai

BACA JUGA:Johari Dapat Bansos dari Kapolsek

Diharapkan dengan Bansos ini juga bisa meringankan beban masyarakat ditengah tekanan kenaikan harga yang terjadi sejak beberapa bulan belakangan.

Untuk diketahui jenis Bansos tambahan yang akan diberikan yakni terdiri dari tiga jenis, berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Subsidi Upah (BSU), serta Perlinsos dari 2% dan Dana Transfer Umum.

Pertama, BLT Bansos ini diberikan kepada 20,65 juta kelompok keluarga penerima manfaat, yang total anggaran sebesar Rp12,4 triliun.

Penyalurannya dilakukan  Kementerian Sosial sebesar Rp150 ribu selama empat kali, perorang.

BACA JUGA:Besaran Bansos BLT-DD Tiga Bulan Sekaligus, Total yang Diterima?

BACA JUGA:Siapkan Operasi Pasar Hingga Subsidi Bansos

Kemudian BSU. Dimana Bansos yang kini sedang dalam proses penyaluran ini diberikan kepada 16 juta pekerja dengan syarat gaji maksimal 3,5 juta per bulan.

Sedangkan untuk besaran bantuan dicairkan sebesar Rp600 ribu per orang. Untuk total anggaran Bansos ini mencapai  Rp9,6 triliun.

Bantuan yang ketiga yakni Perlinsos 2% Dana Transfer Umum
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dimana Bantuan berupa dana 2% dari DAU dan DBH dialokasikan untuk bantuan subsidi kepada transportasi umum.

BACA JUGA:Kapolres Pimpin Apel Pelepasan Bansos Polri untuk Masyarakat

BACA JUGA:Tanjung Makmur Kebagian 850 Kg Bansos Beras

Bantuan ini juga diberikan bagi ojek dan nelayan. Bantuan ini juga  merupakan bantuan perlindungan sosial tambahan di daerah-daerah.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: