Desa Baturaja Baru Kini Sudah Ada Taman Toga

Desa Baturaja Baru Kini Sudah Ada Taman Toga

LIHAT : Kepala Desa Batu Raja Baru memperlihatkan lokasi tanaman Toga, Minggu (8//1/2023). FOTO : PADRI/REL--

EMPAT LAWANG,

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Berupaya melakukan pembinaan kesehatan tradisional, Desa Batu Raja Kecamatan Tebing Tinggi mengembangkan pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) di lingkungan Kantor Desa Batu Raja Baru.

Terbatasnya lahan pekarangan tidak menjadi alasan untuk tidak berkebun. Khususnya, untuk menanam Toga bagi TP PKK Bersinar Desa Batu Raja Baru.

Lahan seluas 15 meter x 20 meter digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman yang dapat bermanfaat untuk pengobatan. 

Semisal tanaman temulawak, sirih, kunyit, jahe, sambiloto, kumis kucing, kemangi, kencur dan madu kelulut yang diketahui mempunyai banyak khasiat.

BACA JUGA : Pengamat Politik Bagindo Togar : Nilai Tawar Joncik Muhammad Disebut Semakin Tinggi 

BACA JUGA : Ketua TP PKK Jadi Pembina Upacara Hari Ibu ke-94 

Kapala Desa Baturaja Baru, Agustian Hadinata SE berharap supaya tanaman ini tumbuh subur sehingga bisa menjadi tanaman penghijauan

"Ada beberapa jenis tanaman obat yang ditanam di sini, selain itu kami juga mengembangkan budidaya madu kelulut yang diketahui mempunyai khasiat besar jika minum dari sarangnya," kata Agustian, Minggu (8/1/2023).

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa Toga ini sangat penting dengan harapan mereka bisa mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong di rumah dan lingkungannya dengan tanaman obat untuk mewujudkan keluarga sehat.

"Pengembangan kesehatan tradisional diharapkan bisa menjadi upaya kesehatan promotif preventif yang mengajak masyarakat untuk mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan secara mandiri, serta bisa menjadi alternatif pilihan pengganti ataupun perlengkapan, komplemen dari upaya kuratif atau pengobatan konvensional," jelasnya.

(pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: