Apakah Benar Minyak Kemiri Bisa Menumbuhkan Rambut?, Simak Penjelasannya

Apakah Benar Minyak Kemiri Bisa Menumbuhkan Rambut?, Simak Penjelasannya

Kemiri. --

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Siapa yang tidak tahu dengan kemiri. Selain untuk bumbu masakan, kemiri juga dipercaya dapat menumbuhkan dan atau menebalkan rambut. 

Apakah benar kemiri bisa menumbuhkan dan menebalkan rambu.? Masih simak artikel ini sampai selesai.

BACA JUGA : Berikut 5 Tips Berhenti Merokok 

Pohon kemiri yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Bentuk buahnya mirip kacang walnut sehingga banyak orang yang juga menyebutnya sebagai walnut Indonesia. Namun demikian, kemiri tidak boleh dikonsumsi mentah-mentah karena beracun.

Dilansir dari Alodokter. Minyak kemiri (Aleurites moluccana) memang sudah sejak lama dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut, termasuk merangsang pertumbuhannya. Secara umum, kemiri mengandung berbagai vitamin dan mineral, di antaranya: Protein, Karbohidrat, Lemak, Kalsium, Fosfor, Zat besi, Zink, dan Vitamin B1.

BACA JUGA : Punya Usaha, berikut Syarat Untuk Pengajuan KUR BNI 

Berbagai kandungan ini diduga berguna untuk menjaga kesehatan folikel rambut, seprti halnya lidah buaya (Aloe vera) atau daun seledri. Namun, manfaat ini masih memerlukan penelitian medis lebih lanjut dalam skala subjek yang lebih luas, karenanya kami tidak berwenang merekomendasikan atau melarang penggunaannya.

Pertumbuhan rambut seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti: Genetik (keturunan) atau ras, Kondisi hormonal (pada pria hormon testosteron), Pola makan, status gizi, Penggunaan bahan kimiawi, misalnya pada orang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan atau sering memodifikasi rambut, Stres, depresi, Infeksi jamur pada kepala, dan sebagainya. 

BACA JUGA : Sinopsis Novel Putri Empat Lawang Mengawali Mimpi di Bumi Raflesia 

Jika Anda memiliki masalah dengan pertumbuhan rambut, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin ya.. Jika perlu, dokter akan meresepkan obat yang dapat merangsang pertumbuhan rambut baru, atau menyarankan Anda menjalani alternatif terapi lainnya, seperti implantasi rambut, dsb

Selain itu, lakukan juga tips berikut: Istirahat yang cukup 7-8 jam sehari, Kendalikan stres dengan bijak, Konsumsi makanan bergizi seimbang dan banyak mengandung zink, Gunakan shampo khusus anti rontok dan Jaga kebersihan (keramas 2 hari sekali).

BACA JUGA : Apa Iya?, Budidaya Bioflok Angka Kematian Relatif Rendah 

Nah, itu lah penjelasan singkat tentang khasiat, manfaat minyak kemiri untuk menumbuhkan atau menebalkan rambut.  Semoga bermanfaat. (pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: