Sunatan Massal Hingga Ribuan Paket Bantuan Sembako Disalurkan

Sunatan Massal Hingga Ribuan Paket Bantuan Sembako Disalurkan

TINJAU : Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad meninjau kegiatan sunatan massal di SD Negeri 10 Tebing Tinggi, Desa Baturaja Lama, Tebing Tingg, Rabu (28/12/2022). FOTO : ANDIKA/REL --

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, menggelar sunatan masal dan menyalurkan ribuan bantuan kepada masyarakat katagori miskin serta penyandang disabilitas, Rabu (28/12/2022).

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Internasional, di Kabupaten Empat Lawang, yang dipusatkan di SD Negeri 10 Tebing Tinggi, Desa Baturaja Lama, Tebing Tinggi.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang, Eka Agustina dalam sambutannya menyampaikan, pemberian bantuan kepada masyarakat merupakan kewajiban dan sebagai bentuk kehadiran negara dalam hal ini pemerintah Kabupaten Empat Lawang, di tengah-tengah masyarakat.

Pada Peringatan HKSN dan Hari Disabilitas Internasional ini, Pemkab Empat Lawang menyalurkan 1.500 paket sembako, 90 bantuan kepada para penyandang disabilitas, 68 bantuan kebakaran yang terjadi pada tahun 2021 lalu serta sunatan masal secara gratis.

”Alhamdulillah kita mempunyai pemimpin yang begitu peduli kepada sesama, yang tak henti-hentinya meminta kami untuk terus turun ke lapangan memantau masyarakat khususnya yang hidup di bawah garis kemiskin dan penyandang disabilitas," kata Eka. 

Diapun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad atas suport-nya kepada Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang, untuk tidak lelah mengabdi kepada masyarakat. Begitupun ucapan terima kasih juga dia sampaikan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Empat Lawang, Hj Hepy Safriani atas dukungan dan arahan sehingga program-progam pengentasan kemiskinan berjalan baik. 

"Begitupun pak Sekda Fauzan Khoiri Denin, yang senantiasa memberikan arahan kepada kami,” Ucap Eka.

Sementara itu, Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad mengajak dalam momen HKSN dan Hari Disabilitas Internasional untuk bersatu dan saling mengurusi diantara sesama.

Salah satunya melalui budaya lokal diantaranya gotong royong yang harus terus digalakan di 'Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati', Empat Lawang MADANI.

”Kita tahu adanya wabah COVID-19 yang hingga saat ini masih belum berakhir. Pemerintah bahkan dunia menderita, anggaran dipangkas turun secara drastis, namun berkat doa masyarakat kabupaten Empat Lawang pemerintah bisa melobi provinsi dan pusat sehingga pembangunan di Kabupaten Empat Lawang bisa terus berjalan,” kata Joncik.

Joncik juga berpesan agar Dinas Sosial terus memberikan bantuan, dengan mencari dana provinsi dan pusat agar masyarakat Kabupaten Empat Lawang yang berada dibawah garis kemiskinan terus mendapat perhatian dan bantuan.

"Begitupun para kepala desa agar melupakan pilkades, jangan karena tidak memilih kalian maka bantuan yang semestinya diberikan kepada masyarakat yang berhak malah diberikan kepada keluarga maupun timses kades," imbuhnya.

Untuk dicatat para kades sambung Joncik, dalam penyaluran bantuan, entah itu BLT maupun yang lain, harus tepat sasaran dan diberikan kepada masyarakat yang berhak, jangan karena tidak memilh pak kades bantuan kepada masyarakat yang memang betul-betul wajar menerima namun diberikan kepada keluarga maupun tim sukses.

"Saya akan awasi itu, dan tolong laporkan ke saya apabila hal tersebut terjadi," tegasnya. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: