Ingin Menikahi Gadis Empat Lawang, Ini Kisaran Nilai Mas Kawin dan Seserahannya

Ingin Menikahi Gadis Empat Lawang, Ini Kisaran Nilai Mas Kawin dan Seserahannya

--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Buat kalian kaum Adam yang ingin menikahi kaum Hawa dari Empat Lawang, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu kisaran mas kawin/mahar plus seserahannya.

Sebagai informasi, Kabupaten Empat Lawang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan. Mayoritas masyarakatnya pemeluk agama Islam.

Seperti kebanyakan daerah-daerah lain di Indonesia, dalam adat perkawinan masyarakat di kabupaten ini, seseorang calon pengantin pria harus menyiapkan Mas Kawin dan seserahan ke calon pengantin wanita.

Nah mulai dari proses lamaran hingga proses pernikahan, di Empat Lawang biasanya ada hantaran dari pihak laki-laki untuk perempuannya.

Hantaran diberikan sebanyak dua kali yakni, pertama, pada saat laki-laki hendak melamar perempuan. Kedua, pada saat hari H pernikahan kalau bahasa Empat Lawang yakni pada saat nurunkan mempelai lanang atau mempelai pria.

Isi dari hantaran ketika lamaran berupa kue-kuean atau bolu-boluan khas dari kampung halaman laki-laki, gula, susu, hingga gandum.

Makanan yang disebutkan tadi dimasukkan ke dalam kotak. Untuk jumlah kotaknya bergantung kemampuan laki-laki, biasanya kisaran 8-13 kotak hantaran.

Begitu juga dengan hantaran ketika nurunkan mempelai pria, hantarannya juga kisaran 8-13 kotak. Perbedaannya ada di isi kotak.

Seserahan pada saat nurunkan mempelai pria pada pernikahan, isinya ialah seluruh keperluan dari mempelai wanita dari ujung kaki sampai ujung rambut. Seperti handuk, baju, celana, pakaian dinas malam, shampoo, handbody, dan keperluan lainnya.

Semua keperluan tadi, tidak semua sama. Ada faktor-fakor yang mempengaruhi besar kecilnya mas kawin/mahar dan seserahan seperti faktor ekonomi, faktor status sosial, dan faktor pendidikan. Tentunya masing-masing individu beda-beda keperluannya.

Lalu, berapa nilaian Mas Kawin yang diberikan mempelai pria ke mempelai wanita?,

Berdasarkan informasi dar Kepala KUA di Kecamatan Tebing Tinggi, Armansyah menyampaikan, bahwa kisaran mas kawin/mahar di Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Saling yakni kisaran 2 gram emas hingga 13 suku emas. Untuk diketahui, 1 Suku emas sama dengan 6,7 gram.

Sementara uang bantuan/uang seserahan untuk keperluan pernikahan di rumah mempelai wanita harganya kisaran Rp10 juta hingga mencapai Rp50 juta.

Nah itu ya yang harus dipersiapkan jika ada laki-laki yang ingin menikah dengan gadis Empat Lawang.

Nilai tersebut bukanlah nilai yang tetap. Nilai tersebut bisa lebih kecil atau lebih  besar, tergantung dengan kesepakatan antara calon pengantin pria dengan calon pengantin wanita.

Kalau menurut Mimin sih itu masih standar ya gaes, tidak terlalu mahal tidak juga terlalu memberatkan. Tapi balik lagi disesuiakn dengan kemampuan masing-masing ya. Doakan Mimin segera menikah tahun ini ya gaes. (Ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: