Tingkatkan Kualitas Kopi, KSM Dilatih Roasting Greenbin Kopi

Tingkatkan Kualitas Kopi, KSM Dilatih Roasting Greenbin Kopi

Peserta pelatihan lakukan praktik pengolahan kopi dengan mesin roasting, kemarin.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID.EMPAT LAWANG – Puluhan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) rumah produksi kopi di Pagaralam dilatih pengolahan kopi. Bertempat di Rumah Produksi Kopi Candi Jaya, Kecamatan Dempo Tengah diberikan pembekalan praktikum pengolahan kopi.

Sesi Radial pemateri pelatihan mengatakan, peserta diberikan pengetahuan mengenai pengenalan fisik kopi dan mesin pengolahan kopi.

“Peserta dilatih penggunaan mesin roasting atau sangrai,” kata Sesi, Owner Kedai Jagad Besemah.

Sesi pun memberikan tips, menghasilkan roastbin sesuai yang diinginkan, mulai dari kadar air greenbin dan suhu mesin roastbin.

“Ada beberapa warna roastbin, yang diinginkan mulai dari light, medium dan dark,” ucap Sesi seraya mengatakan baiknya hasil roastingan, bisa dicuping untuk mengetahui cita rasanya.

Tidak cukup disitu, biji kopi tidak sebatas di roasting. Pemasarannya perlu kemasan. Ada beberapa jenis cara dan bahan untuk pengemasan. Niwayan Yuli, salah seorang peserta mengatakan, dirinya menyambut baik adanya pelatihan. 

“Diharapkan adanya pelatihan ini, bisa memberikan pengetahuan cara pengolahan kopi. Tak kalah penting edukasi juga bisa mengubah mainset petani kopi kedepan bisa menghasilkan kopi yang berkualitas dengan petik merah,” pungkasnya. (Rer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: