Jelang Lebaran, Pembeli Hewan Kurban di Empat Lawang Sepi

Jelang Lebaran, Pembeli Hewan Kurban di Empat Lawang Sepi

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID, EMPAT LAWANG - Menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Juli mendatang, untuk pembelian hewan kurban di Tebing Tinggi belum mengalami peningkatan, bahkan pedagang belum banyak terlihat di kawasan Tebing Tinggi.

Seperti halnya diakui oleh Murni (35), warga Tanjung Beringin Kecamatan Tebing Tinggi Empat Lawang, yang sudah puluhan tahun berkencimpung di jual beli hewan kurban.

Diungkapnya, meski lebaran kurban tak lama lagi, pembeli hewan kurban belum ada peningkatan masih seperti hari - hari biasa. Bahkan biasanya satu bulan menjelang hari raya, penjualannya sudah meningkat drastis. "Dalam bulan ini saja, penjualan hewan kurban masih sepi, cuma laku beberapa ekor saja, mungkin sekitar beberapa hari lagi baru mulai ada peningkatan pembelinnya," ungkapnya, Senin (4/7).

BACA JUGA:Jaringan SUTM 20 KV sebagai Suplai Utama Gerbang Induk (GI) Tebing Tinggi Dicuri Orang

Dikatakannya, harga satu ekor sapi kurban yang dia jual, yakni Rp15 juta sampai Rp 16 juta, tergantung besar kecil atau tua muda nya hewan kurban yang dibeli. "Harga perekornya ada yang Rp 15 juta dan ada juga yang Rp16 juta, itu tergantung kondisi sapi, biasanya kalau sapi betina dan sapi jantan berbeda ukuran dan berat. Lebih besar lah tubuh yang jantan dari pada betina, itu lah yang membedakan hargannya," terangnnya.

Ia menyampaikan, untuk pembelinnya mayoritas banyak dari kota luar seperti Paragaralam dan Pendopo. "Di bulan ini, pembeli banyak berasal dari Pendopo dan Pagaralam, mereka membeli secara pribadi bukan berkelompok. Tapi kalau di Tebing Tinggi, kebanyakan mereka membeli dengan sistem arisan keluarga, kantoran, ataupun kelurahan, jadi sangat beda lah pembelinnya, yang kebanyakan dari luar Tebing Tinggi," sampainnya.

Di perkirakan unutk omset yang ia dapat setiap musim idul adha, sekitar puluhan juta bahkan ratusan juta. Itu jika  masuk beberapa hari lagi jelang haria raya kurban. "Karena, biasannya banyak konsumen yang membeli hewan, apalagi kalau sudah mendekati hari raya kurban, nah disitulah, omset kita yang berlipat-lipat ganda," imbuhnnya.

BACA JUGA:Damkar Empat Lawang Kerap Kena Prank Laporan Palsu

Sementara itu, Maretha Emilia (32) warga Tebing Tinggi mengaku, dirinya sudah memesan hewan kurban untuk arisan jelang hari raya idul adhan anti. “Kita beli hewan kurban ini dilakukan secara arisan keluarga, jadi untuk satu sapi ada 7 orang dan pembayarannya dilakukan secara bertahap,”ucap Emilia. (Arl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: