Harga Kebutuhan Dapur Jenis Cabai dan Tomat Masih Tinggi

Harga Kebutuhan Dapur Jenis Cabai dan Tomat Masih Tinggi

RAKYATEMPATLAWANG.DISHWAY.ID, EMPAT LAWANG - Sama seperti Minggu sebelumnya, harga keperluan dapur jenis cabai-cabaian dan tomat masih terbilang tinggi. Hal ini terpantau di beberapa lokasi kalangan pasar tradisional yang ada di beberapa desa di Kabupaten Empat Lawang.

Seperti halnya di Pasar Pulau Mas Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang yang mana cabai merah keriting masih berada di angka Rp 100 ribu perkilogram. Cabai hijau besar harganya masih sama yakni Rp 40 ribu perkilogramnya. Cabai setan Rp 100 ribu perkilogramnya.

BACA JUGA:Hari Ini, Kabupaten Empat Lawang Laksanakan Pilkades Serentak di 103 Desa

"Yang mengalami kenaikan itu cabai rawit hijau, dari yang sebelumnya Rp 70 ribu menjadi Rp 80 ribu perkilogramnya," ujar Elvi salah seorang penjual sayuran di Pasar Pula Mas, Kecamatan Tebing Tinggi, Selasa (28/6/2022). 

Harga cabai yang mahal juga terjadi di kawasan Pasar Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, yang mana harga cabai merah menyentuh harga Rp 100 ribu hingga Rp 120 ribu perkilogram. Sedangkan untuk tomat mencapai Rp 140 ribu perkilogram dimana biasanya sayuran jenis ini begitu murah kadang harga terendah bisa mencapai Rp 2 ribu saja perkilogramnya.

"Cabai merah ada yang 100 ada juga yang 120, yang 120 itu yang bagus dijamin masih segar atau barang baru," kata seorang pedagang, Lena.

BACA JUGA:Tahanan Polres Empat Lawang Tewas Dikeroyok Dalam Sel, 3 Ditetapkan Sebagai Tersangka

Selain cabai merah atau cabai keriting, tomat juga masih terbilang tinggi yakni Rp 12 ribu hingga Rp 14 ribu per kilogram. 

"Tomat yang bagus 14 kalau yang lama 12 bisa," sambungnya.

Lena menuturkan kemungkinan kenaikan harga terjadi dikarenakan sedang musim hujan sehingga menyebabkan stok cabai-cabaian menjadi sedikit sementara kebutuhan akan cabai cukup banyak. 

"Belakangan lebih sering turun hujan mungkin saja ini yang menjadi sebab sedikitnya suplai cabai ke pasar," tutup Lena. (Ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: