Jeruk Kunci Dikenal Memiliki Manfaat Bagi Tubuh, Ini Tiga Manfaat Jeruk Kunci Bagi Kesehatan

Rabu 04-01-2023,15:46 WIB
Reporter : Padri S
Editor : Mael

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Belum tahukah anda manfaat yang terkandung didalam buah jeruk kunci. Jeruk kunci dikenal memiliki khasiat yang cukup banyak yang terkandung didalamnya. Dengan rasa asam yang ditimbulkan oleh jeruk kunci memberikan sensasi tersendiri bagi peminumnya.

BACA JUGA : Berikan Fasilitas Layanan Sosial, Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, jeruk kunci juga bisa digunakan untuk perlengkapan masak atau pun bumbu dapur. Air perasan jeruk kunci bisa digunakan untuk asam sambal atau pengganti cuka dalam masakan. Seperti untuk soto, mie ayam, atau dijadikan tambahan bumbu untuk menghilangkan amis pada ikan atau ayam yang akan digoreng atau dipanggang.

Selain itu, jeruk kunci juga bisa dibuat menjadi minuman segar baik panas ataupun dingin. Jeruk kunci dikenal  dengan rasa kecutnya, tak kalah kecut dari jeruk nipis. Namun jeruk kunci memiliki manfaat yang manis untuk kesehatan.

BACA JUGA : Kades Salurkan Alat Kesehatan untuk Warganya, Apa Saja Alkesnya?

Tiga manfaat yang ada dalam buah jeruk kunci. Berikut penjelasanya

1. Mengobati batuk

Dalam pengobatan alami, jeruk kunci paling sering digunakan untuk mengobati segala jenis batuk. Khasiat jeruk kunci untuk mengobati batuk yang sudah terbukti sejak dulu 

Caranya dengan mencampur sari dari 1 buah jeruk kunci, 1 sendok makan madu dan sedikit garam. Atau juga bisa hanya dengan mengiris-iris 1 buah jeruk kunci dan mencampurnya dengan gula batu.

BACA JUGA : Solusi Cepat Bayar Tunggakan BPJS Kesehatan Tanpa Harus Datang ke Kantor

Kedua cara terebut sama-sama berkhasiat mengobati batuk dengan mengkonsumsinya setiap hari.

2. Mengobati batu ginjal

Ternyata air perasan jeruk kunci juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal.

Caranya, peras 1 buah jeruk kunci lalu air perasan jeruk kunci tadi campurkan ke dalam segelas air panas. Minum air jeruk kunci ini setelah makan malam secara teratur, selama 10 hari berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengobati radang tenggorokan

Kategori :