TikTok Kini Jadi Sumber Berita Favorit, Kalahkan Facebook dan Tumbuh Pesat

TikTok Kini Jadi Sumber Berita Favorit, Kalahkan Facebook dan Tumbuh Pesat

TikTok Kini Jadi Sumber Berita Favorit, Kalahkan Facebook dan Tumbuh Pesat-ist-

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - TikTok tidak lagi hanya sekadar tempat untuk menari atau berbagi konten hiburan. 

Berdasarkan studi terbaru dari Pew Research Center, platform video pendek ini telah menjadi sumber berita yang semakin populer, terutama di kalangan generasi muda.

Dalam survei yang melibatkan 10.658 warga Amerika Serikat berusia 18 tahun ke atas, terungkap bahwa 52% pengguna TikTok rutin mendapatkan berita di sana. 

Angka ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun 2023 yang hanya mencapai 43%, dan bahkan lebih drastis jika dibandingkan dengan tahun 2020 yang hanya 22%.

BACA JUGA:Google Uji Fitur Baru, Berbagi Lokasi Langsung Tanpa Google Maps

BACA JUGA:Gmail Hadirkan Pembaruan Besar, Rangkuman Kartu untuk Mempermudah Pengelolaan Email

Pertumbuhan Pesat di Kalangan Dewasa Muda

Lompatan ini sangat terlihat di kalangan dewasa muda. Sebanyak 39% orang berusia di bawah 30 tahun mengatakan mereka secara teratur memperoleh berita dari TikTok. 

Sementara itu, pengguna berusia 30 hingga 49 tahun yang mendapatkan berita dari TikTok mencapai 19%, diikuti oleh kelompok usia 50 hingga 64 tahun dengan 9%, dan hanya 3% dari mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Tren ini menunjukkan perubahan pola konsumsi berita di kalangan generasi muda, yang lebih memilih platform digital berbasis video singkat daripada media tradisional. 

BACA JUGA:Samsung Siapkan Peluncuran Galaxy S25, S25 Ultra Usung Snapdragon 8 Gen 4, S25 Base Gunakan MediaTek Dimensity

BACA JUGA:Lenovo Yoga Pro 9i Gen 9, Laptop Kreatif yang Tantang Dominasi Apple

"Generasi muda sekarang lebih suka mendapatkan berita dengan format yang cepat dan menarik," kata peneliti dari Pew Research Center.

TikTok Menyalip Facebook dalam Penyebaran Berita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: