Palung Mariana: Misteri Palung Terdalam di Dunia

Palung Mariana: Misteri Palung Terdalam di Dunia

Istimewa/internet--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Palung Mariana, atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Mariana Trench, merupakan palung terdalam yang diketahui di Bumi.

Terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik, palung ini berada di sebelah timur Kepulauan Mariana, dekat Jepang dan Pulau Guam.

Titik terdalamnya mencapai antara 10.927 hingga 11.035 meter di bawah permukaan laut, lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest.

Secara geologis, palung ini terbentuk sekitar 180 juta tahun lalu akibat tabrakan antara Lempeng Pasifik dan Lempeng Filipina.

Sejarah Penelitian Palung Mariana. 

Palung Mariana pertama kali ditemukan pada tahun 1875 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II.

BACA JUGA:Jejak Sejarah Megalitikum di Desa Kamal, Jember: Situs Klanceng dan Duplang

BACA JUGA:Jejak Peninggalan Majapahit di Jember: Menyibak Sejarah yang Tersembunyi

Pengukuran kedalamannya dilakukan menggunakan gema suara yang menunjukkan angka 10.900 meter.

Puncak dari penelitian ini adalah ketika kapal selam Trieste berhasil mencapai dasar palung pada 23 Januari 1960, menorehkan sejarah eksplorasi laut dalam.

Geologi dan Tekanan Ekstrem. 

Palung Mariana merupakan zona subduksi di mana Lempeng Pasifik yang lebih tua dan padat disubduksi di bawah Lempeng Mariana yang lebih muda.

Di dasar palung, tekanan air mencapai 1.086 bar, setara dengan 8 ton per inci persegi. Untuk menggambarkan ini, bayangkan 1.600 gajah Afrika ditumpuk di satu tempat yang sama.

Etimologi dan Geologi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: