Kesiapan Telekomunikasi di IKN Nusantara Jelang Perayaan HUT ke-79 RI

Kesiapan Telekomunikasi di IKN Nusantara Jelang Perayaan HUT ke-79 RI

Kesiapan Telekomunikasi di IKN Nusantara Jelang Perayaan HUT ke-79 RI.--

IKN, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia yang akan digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus memastikan kesiapan infrastruktur telekomunikasi di lokasi tersebut.

Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria, mengonfirmasi bahwa berbagai perbaikan dan peningkatan sedang dilakukan untuk memastikan acara berjalan lancar, terutama terkait listrik, jaringan telekomunikasi, dan sistem pendukung lainnya.

Dalam sela-sela acara Indonesia Internet Expo & Summit (IIXS) 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Nezar mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk memastikan seluruh pejabat pemerintah dan tamu undangan di IKN dapat mengabadikan momen HUT RI dengan lancar tanpa kendala jaringan.

"Aman, mudah-mudahan. Insya Allah lancar," ujar Nezar optimis.

BACA JUGA:Higgs Domino Island Bantah Aplikasinya Termasuk Judi Online, Kominfo Beri Tanggapan Ini

BACA JUGA:Samsung Galaxy S24 FE dan Bocoran Spesifikasi serta Fitur Terbaru

Selain pemerintah, operator telekomunikasi juga turut berperan dalam mempersiapkan jaringan di ibu kota baru tersebut.

President Director Smartfren, Merza Fachys, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyediakan jaringan 5G di IKN, memastikan seluruh area dilayani oleh teknologi terbaru ini.

"IKN harus sama semuanya 5G. Ya, kalau apa istilahnya, callback karena nggak semua orang punya HP 5G, turun ke 4G, itu biasa," jelasnya.

Tidak hanya Smartfren, operator seluler besar lainnya seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, dan XL Axiata juga telah menyatakan kesiapan mereka dalam menyediakan layanan telekomunikasi di IKN.

BACA JUGA:Elon Musk Dikecam Sebagai Salah Satu Orang Paling Berbahaya di Dunia oleh Politisi Skotlandia

BACA JUGA:Penemu Hebat Indonesia yang Diakui Dunia: Dari Fondasi Cakar Ayam Hingga Terapi Kanker

Menurut Ketua Satgas Percepatan Pembangunan IKN Nusantara, Danis Sumadilaga, infrastruktur yang diperlukan untuk acara peringatan kemerdekaan, seperti akses jalan, lapangan upacara, teknologi listrik, dan internet untuk siaran, sudah lengkap.

Mengingat keterbatasan daya tampung di lapangan upacara IKN, perwakilan masyarakat yang akan menonton langsung akan diatur jumlahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: