Kerajaan Romawi Pertama, Fondasi yang Terlupakan dalam Sejarah Roma

Kerajaan Romawi Pertama, Fondasi yang Terlupakan dalam Sejarah Roma

Ilustrasi.--

Kisah Romulus dan Remus, serta cerita-cerita tentang raja-raja berikutnya seperti Numa Pompilius dan Tarquinus Superbus, lebih sering dianggap sebagai legenda daripada fakta sejarah yang dapat diverifikasi.

Keberadaan arkeologis dari periode ini sangat terbatas, membuatnya sulit untuk memisahkan antara kenyataan dan mitos.

Namun, beberapa penemuan, seperti sisa-sisa tembok dan bangunan awal di bukit Palatine, memberikan petunjuk tentang keberadaan dan perkembangan awal Roma.

BACA JUGA:Menelusuri Peninggalan Bersejarah Kerajaan Singasari: Candi Singasari, Candi Jawi, Candi Kidal, dan Candi Jago

BACA JUGA:Keruntuhan Kerajaan Singasari: Konflik Berdarah antara Kertanegara, Jayakatwang, dan Arya Wiraraja

Meskipun sering kali diabaikan dalam diskusi sejarah Romawi, periode kerajaan ini memberikan fondasi yang penting bagi perkembangan Roma selanjutnya.

Banyak institusi politik dan praktik budaya yang berkembang selama masa kerajaan terus digunakan dan dikembangkan dalam periode Republik dan Kekaisaran.

Sebagai contoh, sistem senat yang pertama kali dibentuk oleh Romulus berkembang menjadi lembaga penting dalam pemerintahan Republik Romawi.

BACA JUGA:Sejarah Singkat Kerajaan Singasari Beribukota Di Tumpal

BACA JUGA:Kisah Cinta Gajah Mada di Balik Kejayaan Mahapatih Majapahit

Selain itu, banyak festival dan ritual keagamaan yang diperkenalkan selama periode kerajaan tetap menjadi bagian integral dari kehidupan Romawi selama berabad-abad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: