Jepang Kerepotan Terjadi Potensi Besar Penurunan Populasi, Berikut Ini yang Dilakukan Pemerintahnya!

Jepang Kerepotan Terjadi Potensi Besar Penurunan Populasi, Berikut Ini yang Dilakukan Pemerintahnya!

Jepang saat ini sedang menghadapi tantangan serius terkait penurunan populasi yang disertai dengan momentum yang buruk.-DISWAY NETWORK-

BACA JUGA:3 Wisata Jogja Ala Nuansa Jepang, Nggak Usah Beli Tiket Mahal ke Negeri Sakura

Dengan menetapkan insentif untuk siswa internasional agar terus bekerja di Jepang setelah lulus, mereka bisa menjadi angkatan kerja yang sangat baik. 

Mengandalkan mahasiswa asing untuk mengisi kekosongan tenaga kerja juga dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan dari lahir hingga menjadi tenaga kerja penuh dari 22 tahun menjadi hanya empat tahun. 

Pada tahun 2023, populasi kelahiran di Jepang adalah 727.277, sehingga menambah 300.000 pelajar internasional bisa mencapai 1 juta. 

Dengan demikian, Jepang dapat memanfaatkan keuntungan strategis ini untuk mencapai keseimbangan antara tindakan melawan penurunan angka kelahiran, pengamanan angkatan kerja, dan pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA:The Lost World Castle: Destinasi Wisata Ala Jepang di Lereng Gunung Merapi

Penurunan populasi di Jepang merupakan tantangan besar yang memerlukan langkah-langkah strategis dan kebijakan yang komprehensif. 

Dengan meningkatkan jumlah pekerja asing dan mendukung mahasiswa internasional, Jepang dapat mengatasi penurunan populasi dan memastikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

Namun, kebijakan ini harus diterapkan dengan hati-hati agar tidak hanya menjadi solusi sementara, tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang bagi negara. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: