Imago Mundi: Peta Dunia Tertua yang Pernah Ditemukan

Imago Mundi: Peta Dunia Tertua yang Pernah Ditemukan

Imago Mundi--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Imago Mundi, sering dikatakan sebagai peta dunia tertua yang pernah ditemukan, juga dikenal sebagai peta dunia Babilonia.

Meski secara ilmiah peta ini tidak seakurat Google Maps dan tidak sehebat kartografi dari Abad Pertengahan, peta ini memberikan gambaran unik tentang cara orang Babilonia kuno memandang diri mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka.

Sejarah dan Asal Usul

Peta ini kemungkinan dibuat antara 2.600 hingga 2.900 tahun yang lalu, pada masa Kekaisaran Neo-Babilonia yang memimpin dunia dalam bidang arsitektur, budaya, matematika, dan terobosan awal dalam sains.

Penemuan kembali peta ini pada abad ke-19 hampir sama misteriusnya dengan objek itu sendiri.

BACA JUGA:Rahasia Bahagia: Cara Sederhana Menikmati Hidup

Berdasarkan Encyclopedia Britannica, artefak tersebut ditemukan oleh Hormuzd Rassam, seorang arkeolog terkenal yang menggali beberapa barang antik Asyur dan Babilonia terbaik yang pernah ditemukan, termasuk tablet yang berisi Epos Gilgames, karya sastra tertua di dunia.

Peta Dunia Babilonia ditemukan dalam sebuah kotak yang berkaitan dengan penggalian Rassam pada tahun 1881 di Sippar, yang terletak di Irak saat ini, sekitar 40 kilometer barat daya Bagdad modern.

Namun, beberapa orang percaya bahwa benda tersebut mungkin awalnya ditemukan di Borsippa, kota kuno lain yang terletak sekitar 115 kilometer selatan Bagdad. Saat ini, peta dunia tertua itu berada dalam kepemilikan British Museum di London.

Deskripsi Peta

Tablet yang retak itu berukuran 12,2 kali 8,2 sentimeter dan dilengkapi peta melingkar di samping potongan teks yang ditulis dalam huruf paku.

Mengingat kondisinya yang retak, beberapa informasi hilang dari artefak tersebut, meskipun penelitian ilmiah selama beberapa dekade telah berhasil mengumpulkan sebagian besar isinya. 

Peta tersebut menggambarkan Mesopotamia, wilayah bersejarah di Timur Tengah yang sering disebut sebagai "tempat lahirnya peradaban" karena di dalamnya terdapat beberapa peradaban dan budaya terkemuka sepanjang sejarah kuno, termasuk Babilonia dan Asiria.

Interpretasi Peta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: