Universitas Sriwijaya Pastikan Tak Ada Kenaikan Biaya UKT: Transparansi Data Mahasiswa Kunci Akurasi

Universitas Sriwijaya Pastikan Tak Ada Kenaikan Biaya UKT: Transparansi Data Mahasiswa Kunci Akurasi

Universitas Sriwijaya (UNSRI) menegaskan bahwa tidak ada kenaikan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk tahun akademik ini--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-

Universitas Sriwijaya (UNSRI) menegaskan bahwa tidak ada kenaikan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk tahun akademik ini.

Hal ini disampaikan langsung oleh Rektor Unsri, Prof. Dr. Taufiq Marwa, S.E.,M.Si., yang berharap mahasiswa dapat memberikan informasi yang akurat agar perhitungan UKT juga dapat tepat.

“Kalau dinilai hasil penentuan UKT tidak sesuai, artinya ada yang salah informasi yang diberikan ke kita. Karena kalau informasinya benar, harusnya hasilnya juga benar. Jadi kalau ada kebohongan maka bisa saja digagalkan atau dibatalkan diterima,” ujar Taufiq Marwa, didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Rujito Agus Suwignyo, M.Agr., dan Koordinator Humas SNPMB Unsri, Prof. Zulkifli Dahlan, dikutip dari Tribunnews, Jumat (14/6/2024).

Taufiq menjelaskan bahwa untuk grade 1-8, setiap mahasiswa memiliki nominal UKT yang berbeda-beda.

BACA JUGA:190.444 Peserta Lulus Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 untuk PTN Akademik

Namun, untuk jalur mandiri, nominal UKT disesuaikan dengan Program Studi yang diambil. Contohnya, untuk Fakultas Ekonomi, biayanya sama untuk semua mahasiswa yaitu sebesar Rp 7,2 juta.

"Untuk UKT di Unsri tetap menggunakan grade 1-9, mulai dari Rp 500 ribu. Untuk penerimaan secara nasional menggunakan grade 1-8 dan yang jalur mandiri menggunakan grade 9," jelas Taufiq Marwa saat di Unsri, Kamis (13/6/2024).

Ia menambahkan, bagi mahasiswa yang masuk melalui jalur nasional seperti SNMPTN/SBMPTN, UKT dikenakan mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 20 juta tergantung jurusan yang dipilih.

Sementara itu, untuk jalur mandiri, biaya pendidikan mulai dari Rp 2.250.000 hingga Rp 45 juta per semester, dengan UKT tertinggi berada di Fakultas Kedokteran.

BACA JUGA:Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ditutup Hari Ini: Jumlah Pendaftar Capai 117.589 Orang

Menurut Taufiq, mahasiswa yang merasa nominal UKT-nya tidak sesuai dengan harapan bisa mengajukan penyesuaian, namun pengajuan ini hanya dapat dilakukan pada semester dua. "Namun seharusnya jika datanya sudah benar, maka perhitungannya juga benar," tambahnya.

Penerimaan Mahasiswa Baru dan Jadwal Seleksi Mandiri

UNSRI hari ini mengumumkan hasil Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk Jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan jadwal Jalur Seleksi Mandiri (SM Unsri).

Dari 21.666 peserta yang terdaftar, sekitar 4.345 peserta dinyatakan diterima. Pengumuman dilakukan pada pukul 15.00 WIB di laman website SNBT: https://snbt.unsri.ac.id.

BACA JUGA:Pengumuman Hasil SNBT 2024: Cara Cek dan Link Resmi

"Total daya tampung Unsri untuk tiga jalur yakni, SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes), dan USM (Ujian Saringan Masuk) jalur mandiri sebanyak 8.690 mahasiswa," ungkap Taufiq.

Peserta yang lulus terbagi dalam 61 Program Studi dari 10 Fakultas yang ada di Unsri. Bagi mahasiswa yang lulus, mereka bisa langsung melakukan registrasi ulang, kemudian mengikuti tes kesehatan, dan melakukan pembayaran uang daftar ulang.

Sedangkan, untuk jalur mandiri, proses pendaftaran telah dibuka mulai 13 Juni hingga 21 Juni, dengan pelaksanaan ujian pada 23-26 Juni.

Pengumuman hasil ujian jalur mandiri dilakukan pada tanggal 8 Juli 2024.

BACA JUGA:Mengenal Jurusan Teknik Nuklir: Prospek Karier dan Pilihan Universitas

Sama halnya untuk pendaftaran jenjang Diploma Jalur Mandiri yang dimulai pada 13 Juni hingga 7 Juli.

Tes dan wawancara untuk Diploma akan dilaksanakan pada 9-11 Juli 2024.

Dengan demikian, UNSRI berkomitmen untuk menjaga transparansi dan akurasi dalam proses penentuan biaya UKT, serta memberikan kesempatan yang adil bagi seluruh calon mahasiswa.

Mahasiswa diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat untuk memastikan proses administrasi berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.(*)

BACA JUGA:Menanti Pembukaan Seleksi CPNS 2024: Persiapan Penting Sebelum Pendaftaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: