Rusia Siap Bantu Iran Selidiki Penyebab Jatuhnya Helikopter Presiden Raisi

Rusia Siap Bantu Iran Selidiki Penyebab Jatuhnya Helikopter Presiden Raisi

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengumumkan kesiapannya untuk memberikan bantuan ahli kepada Iran dalam menyelidiki penyebab jatuhnya helikopter yang membawa Presiden Iran, Ebrahim Raisi. --

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengumumkan kesiapannya untuk memberikan bantuan ahli kepada Iran dalam menyelidiki penyebab jatuhnya helikopter yang membawa Presiden Iran, Ebrahim Raisi

Pernyataan ini disampaikan Putin dalam sebuah pertemuan dengan Ketua Duma Negara (DPR) Rusia, Vyacheslav Volodin, pada hari Selasa.

Putin menyatakan bahwa jika pihak Iran membutuhkan dukungan dalam mengidentifikasi penyebab bencana ini, Rusia siap memberikan segala bentuk bantuan ahli yang diperlukan. “Jika rekan-rekan kami di Iran mempunyai kebutuhan seperti itu, kami siap melakukan segalanya untuk memberikan mereka dukungan ahli, bantuan ahli dalam mengidentifikasi penyebab sebenarnya dari bencana ini,” kata Putin.

Kepergian Raisi yang mendadak ini membawa duka mendalam bagi banyak pihak, termasuk di Rusia. Dalam pernyataannya, Putin mengungkapkan bahwa Raisi adalah mitra yang sangat dapat diandalkan bagi Rusia. 

BACA JUGA:Rusia Salahkan AS atas Kecelakaan Helikopter yang Menewaskan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Selama masa kepemimpinan Raisi, hubungan antara Moskow dan Teheran terjalin erat dan selalu dapat memenuhi perjanjian bilateral yang telah disepakati kedua negara. Putin pun merasa sangat kehilangan atas wafatnya Presiden Raisi.

Raisi dikenal sebagai pemimpin yang menjalin hubungan erat dengan Rusia. Kerjasama antara Iran dan Rusia di berbagai bidang, termasuk militer, energi, dan ekonomi, semakin erat di bawah kepemimpinan Raisi. 

Kedua negara sering berkolaborasi dalam isu-isu internasional, termasuk konflik di Suriah dan program nuklir Iran.

Jatuhnya helikopter yang membawa Raisi ini menimbulkan spekulasi dan pertanyaan besar tentang penyebab di balik kecelakaan tragis tersebut. 

BACA JUGA:Waduh Gawat, Korban Selamat Kecelakaan Helikopter Presiden Iran Buka Suara: Tidak Ada Kabut Tebal

Penyelidikan yang mendalam dan menyeluruh tentu sangat diperlukan untuk mengungkap fakta sebenarnya. 

Dukungan dari Rusia, yang memiliki teknologi dan keahlian dalam investigasi kecelakaan udara, bisa menjadi kontribusi penting dalam proses penyelidikan ini.

Ketua Duma Negara Rusia, Vyacheslav Volodin, yang juga hadir dalam pertemuan tersebut, menyatakan dukungannya terhadap tawaran Putin.

Volodin menekankan pentingnya solidaritas internasional dalam menghadapi tragedi seperti ini dan berharap Iran dapat segera menemukan jawaban atas penyebab kecelakaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: