Pertumbuhan Pesat Komunitas Developer Indonesia di Bawah Sorotan CEO Microsoft

Pertumbuhan Pesat Komunitas Developer Indonesia di Bawah Sorotan CEO Microsoft

CEO Microsoft. Foto: dok/ist.--

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - CEO Microsoft, Satya Nadella, memuji pencapaian ribuan developer Indonesia dalam event Microsoft Build: AI Day di Jakarta.

Menurut Nadella, pertumbuhan komunitas developer di Indonesia mengalami peningkatan signifikan, dengan lebih dari 3,1 juta developer menggunakan GitHub, platform pengembangan software milik Microsoft.

Nadella menyatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan developer di Indonesia telah meningkat dua kali lipat.

BACA JUGA:Anak 9 Tahun Dilaporkan Hanyut di Sungai Musi, Pencarian Masih Dilakukan Tapi Belum Membuahkan Hasil

Dia optimis bahwa Indonesia akan menjadi nomor lima secara global pada tahun 2026, menurut prediksi Microsoft.

Meskipun Indonesia masih menjadi negara ketiga terbesar di Asia Pasifik untuk populasi komunitas developer di GitHub, setelah India dan China, pertumbuhan jumlah developer Indonesia mencapai 31% dari tahun ke tahun, termasuk salah satu yang tercepat di Asia Pasifik.

Tidak hanya jumlah developer yang meningkat, tetapi juga jumlah proyek kecerdasan buatan (AI) generatif di GitHub yang berasal dari Indonesia meningkat secara signifikan, mencatat lonjakan sebesar 213% pada tahun 2023.

BACA JUGA:Misteri Hantu Wanita Berpakaian Putih: Mengungkap Kisah di Balik Penampakan Malam

Untuk mendukung developer Indonesia dan global, GitHub mengumumkan fitur baru, Copilot Workspace, yang membantu developer memulai proyek baru dari awal.

Selain itu, Microsoft juga meluncurkan inisiatif AI Odyssey yang bertujuan untuk membantu 10.000 developer Indonesia menjadi ahli di bidang kecerdasan buatan.

Inisiatif ini merupakan bagian dari investasi Microsoft di Indonesia sebesar USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 27,6 triliun.

BACA JUGA:Mitos atau Kenyataan? Kisah Seram Siluman Harimau di Bukit Suharto

Ini adalah langkah konkret Microsoft dalam mendukung ekosistem teknologi dan pengembangan di Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: