Jakarta Masih Bersaing di Peringkat Smart City Asia Tenggara

Jakarta Masih Bersaing di Peringkat Smart City Asia Tenggara

Jakarta.--

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Meskipun peringkat JAKARTA dalam daftar kota paling pintar mengalami penurunan, namun kota tersebut masih tetap masuk lima besar di Asia Tenggara.

Saat ini, Jakarta berada di luar 100 besar kota paling pintar di dunia, menurut IMD Smart City Index 2024.

Singapura menduduki posisi teratas sebagai kota paling pintar di Asia Tenggara dalam survei tersebut, diikuti oleh Kuala Lumpur, Bangkok, Hanoi, dan Jakarta.

BACA JUGA:Mobil Listrik Xiaomi Laku Keras di Pasar Domestik

Peringkat ini disusun berdasarkan hasil survei Smart City Index oleh Institute Management and Development atas 142 kota di seluruh dunia.

Jakarta masih dihadapkan pada tiga permasalahan utama yang harus segera diselesaikan, yaitu polusi udara, kemacetan lalu lintas, dan korupsi.

Namun, warga Jakarta memberikan apresiasi terhadap kinerja angkutan umum, pelayanan kesehatan online, dan portal pencarian kerja online.

BACA JUGA:Menyingkap Misteri Istana Jin di Segara Muncar: Legenda di Balik Gunung Rinjani

Presiden Smart City Observatory, Bruno Lanvin, menyatakan bahwa laporan tahunan SCI dirilis untuk membantu pemerintah kota dalam membangun kota masa depan yang tangguh dan mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman.

Selain Jakarta, dua kota di Indonesia yang masuk survei adalah Medan dan Makassar.

Medan menempati peringkat 112, sedangkan Makassar berada di posisi 115.

Peringkat 20 kota paling pintar di dunia antara lain diduduki oleh Zürich, Swiss di posisi teratas, diikuti oleh Oslo, Norwegia, Canberra, Australia, Jenewa, Swiss, dan Singapura.

BACA JUGA:Gunung Padang Apakah Aktif? Situs Bersejarah, ini Alasan Disebut 'Gunung Padang' Padahal Lokasinya di Cianjur

Singapura juga tetap menduduki peringkat tinggi di tingkat global, menunjukkan konsistensi dalam inovasi dan pembangunan infrastruktur cerdas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: