Memahami Materi Ujian: Penalaran Akademik, Penalaran Matematika, Literasi Membaca, dan Literasi Ajaran Islam

Memahami Materi Ujian: Penalaran Akademik, Penalaran Matematika, Literasi Membaca, dan Literasi Ajaran Islam

Ilustrasi--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-
Ujian adalah salah satu langkah penting untuk menilai kemampuan calon mahasiswa dalam berbagai aspek yang diperlukan untuk kesuksesan studi di jenjang strata satu (S1).

Dalam ujian ini, beberapa materi akan diuji, yaitu penalaran akademik, penalaran matematika, literasi membaca, dan literasi ajaran Islam. Mari kita bahas satu per satu materi ujian ini.


1. Penalaran Akademik (PA)
Tes penalaran akademik mengukur kemampuan potensi calon mahasiswa yang diperlukan untuk menyelesaikan dan mencapai keberhasilan studi di tingkat S1. Ujian ini meliputi beberapa sub-bagian:

- Penalaran Verbal: Menguji kemampuan memahami bahasa secara tertulis serta keterampilan berbahasa berdasarkan struktur dan aturan bahasa, baik dalam kata, kalimat, maupun narasi.

BACA JUGA:Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri 2024 Dibuka
- Penalaran Gambar: Mengukur kemampuan visualisasi dan pemahaman objek atau simbol secara abstrak. Tes ini sangat berguna untuk menilai kreativitas calon mahasiswa.


- Penalaran Kuantitatif: Menguji kemampuan menerapkan konsep hitungan, logika angka, dan simbol numerik dalam berpikir sistematis serta memecahkan masalah. Konteks dalam penalaran kuantitatif bersifat umum.

2. Penalaran Matematika
Tes ini mengukur kemampuan peserta dalam memahami dan menganalisis isi bacaan sederhana dengan menggunakan penalarannya.

Tujuan tes ini adalah untuk menguji kemampuan memecahkan masalah kehidupan sehari-hari melalui penerapan konsep, prosedur, dan fakta dalam matematika.

BACA JUGA:Cara Daftar Kuliah Jalur UM-PTKIN 2024

Peserta juga dihadapkan pada berbagai representasi seperti grafik, tabel, atau bagan untuk memprediksi dan mengambil keputusan sebagai bekal menghadapi tuntutan hidup di abad ke-21.

3. Literasi Membaca
Literasi membaca mengukur kemampuan memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam konteks sosio humaniora dan sains.

Selain itu, tes ini juga mencakup pemahaman teks Bahasa Arab untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu yang moderat dan unggul sebagai warga Indonesia dan warga dunia.

4. Literasi Ajaran Islam
Ujian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan memahami, menerapkan, dan menganalisis materi ajaran Islam meliputi Al-Qur'an, Hadis, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam.

BACA JUGA:Aturan Seragam Sekolah 2024 untuk Guru dan Siswa SD SMP SMA

Konteks tes ini mencakup personal, masyarakat, global, dan moderasi untuk mewujudkan masyarakat madani.

Penguasaan literasi ajaran Islam penting untuk menanamkan kepribadian yang baik, memperkuat iman, dan mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan individu sehari-hari serta dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: