Mitos-Mitos Mengerikan di Indonesia

Mitos-Mitos Mengerikan di Indonesia

ilustrasi--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-Indonesia, tanah yang kaya akan budaya dan adat istiadat, juga menyimpan sejumlah mitos mengerikan yang menghiasi kepercayaan dan ketakutan masyarakatnya. Simaklah mitos-mitos menyeramkan yang terpatri dalam kebudayaan Indonesia:

 1. Meneteskan Air Jeruk Nipis pada Darah Mayat

Sebuah larangan kuat mengenai meneteskan jeruk nipis ke darah mayat menyebar di masyarakat. Dipercaya bahwa tindakan ini akan menyakiti roh yang telah meninggalkan jasmaninya, dan konon, mereka akan menuntut balas kepada pelakunya.

2. Membawa Telur Ayam Kampung di Hutan saat Malam Hari

BACA JUGA:Ini Dia 4 Mitos Budaya Maluku Yang Masih Dipercayai Hingga Kini Loh!

Di Kalimantan, mitos ini menyeramkan. Dilarang keras membawa telur ayam kampung di hutan pada malam hari karena diyakini akan menarik perhatian makhluk halus yang bersemayam di hutan.

3. Melangkah di Atas Bambu yang Menunduk saat Maghrib

Di Jawa, berhati-hatilah saat melangkah di atas bambu yang menunduk pada waktu maghrib. Dipercaya bahwa tindakan ini dapat membuat seseorang menghilang karena diculik oleh makhluk halus penunggu bambu tersebut.

4. Menyanyikan Tembang Durma

BACA JUGA:Mengungkap Misteri Gunung Kemukus, Antara Mitos dan Realitas

Tembang Durma, lagu Jawa yang sarat dengan unsur magis, dijauhi oleh banyak orang karena dipercaya bisa memanggil makhluk halus. Konon, mereka yang menyanyikannya sulit untuk lepas dari cengkeraman makhluk halus yang merasa dipanggil oleh lagu itu.

Mitos-mitos ini menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia yang kaya akan cerita-cerita mistis, mengingatkan kita akan kompleksitas dan kedalaman kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap dunia gaib yang mengelilingi mereka.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: