Toyota: Manipulasi Tes Mesin Diesel, Fortuner Buatan Indonesia Terkena Dampak

Toyota: Manipulasi Tes Mesin Diesel, Fortuner Buatan Indonesia Terkena Dampak

Test dribe Toyota Motor.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Toyota Industries Corporation (TICO) telah mengumumkan kepada Toyota Motor Corporation (TMC) adanya laporan tentang dugaan penyimpangan dalam proses sertifikasi, khususnya terkait pengujian mesin diesel.

TICO, yang bertugas mengembangkan mesin diesel untuk beberapa model mobil Toyota, sedang diselidiki oleh sebuah komite khusus terkait potensi penyimpangan dalam prosedur sertifikasi emisi domestik, terutama pada mesin forklift dan mesin konstruksi.

BACA JUGA:KEREN! Begini Tampilan Modifikasi Suzuki Jimny Menjadi Jeep Cherokee XJ

"Penyelidikan menemukan bahwa ada ketidaksesuaian selama pengujian output horsepower untuk sertifikasi tiga model mesin diesel yang ditugaskan oleh Toyota kepada TICO. Selama pengujian sertifikasi, kinerja output horsepower mesin diukur menggunakan ECU dengan perangkat lunak yang berbeda dari yang digunakan dalam produksi massal, sehingga menghasilkan nilai yang lebih halus dengan variasi yang lebih sedikit," tulis Toyota dalam pernyataan resminya pada Senin (29/1/2024).

Setidaknya 10 model kendaraan, termasuk Toyota Fortuner buatan Indonesia yang menggunakan mesin 1GD, terdampak oleh penyimpangan ini.

BACA JUGA:Waspada, Ini Tanda-tanda Timing Belt Perlu Diganti, Putus Bisa Berakibat Fatal

Toyota telah menghentikan sementara pengiriman mesin dan kendaraan yang terkena dampak, sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut dan berkomitmen untuk berkoordinasi dengan otoritas terkait.

Perusahaan juga meminta maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan dan kekhawatiran yang ditimbulkan.

Hasil penyelidikan menyebabkan TICO memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman mesin yang terdampak, sedangkan Toyota juga menghentikan sementara pengiriman kendaraan yang menggunakan mesin tersebut.

BACA JUGA:Mengatasi Masalah Mesin Cuci yang Bergetar Hebat: Penyebab dan Solusinya

"Kami akan memberikan penjelasan rinci kepada pihak berwenang dan segera mengambil tindakan yang sesuai, termasuk melakukan pengujian di hadapan saksi jika diperlukan," kata Toyota.

"Kami menyesal atas kurangnya perhatian terhadap fakta bahwa prosedur ini tidak dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kedepannya, kami akan terlibat dalam semua aktivitas perusahaan untuk membantu memperbaiki situasi ini dan memastikan keselamatan serta kualitas tetap menjadi prioritas utama," tambahnya.

BACA JUGA:Misteri Kota Gaib Saranjana: Penampakan Foto-Foto Kontroversial yang Gemparkan Jagat Maya

Dalam siaran pers resmi dari Toyota Global, berikut beberapa model kendaraan dan mesin yang terdampak oleh skandal ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: