Jangan Sembarangan! Mau E'ek Ada Mantranya, Begini Mantra Permisi Buang Hajat, Orang Babel Wajib Tahu!

Jangan Sembarangan! Mau E'ek Ada Mantranya, Begini Mantra Permisi Buang Hajat, Orang Babel Wajib Tahu!

Ilustrasi Mantra Permisi Buang Hajat, Bangka Belitung.-DISWAY NETWORK/RAKYAT EMPAT LAWANG-

PANGKAL PINANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman budaya. Setiap daerah memiliki ciri khas dan tradisi yang berbeda-beda, yang mencerminkan keunikan dan kekayaan bangsa ini.

Salah satu daerah yang memiliki budaya yang menarik untuk diketahui adalah Bangka Belitung (Babel). Babel adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alam dan kekayaan budayanya.

Salah satu aspek budaya yang menarik untuk diketahui adalah kepercayaan dan mitos yang masih hidup di tengah masyarakat. 

Salah satu mitos yang cukup unik dan masih dipraktikkan oleh sebagian besar masyarakat Babel adalah Mantra Permisi Buang Hajat.

BACA JUGA:Oh Ini Alasan Tidak Boleh Menolak Tawaran Makan di Bangka Belitung, Jangan Coba-coba Melanggar!

BACA JUGA:Jangan Pernah Menolak Tawaran Makanan di Bangka Belitung, Ini Alasannya!

Apa itu Mantra Permisi Buang Hajat?

Mantra Permisi Buang Hajat adalah sebuah ritual yang dilakukan oleh seseorang ketika ia berada di tempat baru dan ingin melakukan kegiatan buang air kecil atau besar.

Ritual ini bertujuan untuk meminta izin kepada nenek moyang atau roh-roh yang berada di sekitar tempat tersebut agar tidak mengganggu atau merasuki orang yang buang hajat.

Kalimat yang harus diucapkan dalam ritual ini adalah, "Nek Akek permisi ku nek buang aik kecit/besak, Ikak pacak ningok ku, ku dak pacak ningok ikak."

BACA JUGA:Jangan Kaget! Inilah Mantra Ajaib yang Wajib Diucapkan Masyarakat Bangka Belitung Sebelum Buang Hajat

BACA JUGA:Ditembak Tak Mempan, Dipenggal Tak Meninggal! Mengenal Rawa Rontek, Ilmu Kuno Pulau Jawa

Artinya, "Nenek dan Kakek, izinkan saya untuk buang air kecil/besar, saya dapat melihat kalian, tetapi kalian tidak dapat melihat saya."

Masyarakat Babel percaya bahwa dengan mengucapkan mantra ini, mereka akan terhindar dari potensi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh makhluk halus yang mungkin tersinggung atau ingin mengusik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: