Alokasi Pupuk Sumsel Melesat! Jumlah Fantastis 72.752 Ton Bikin Petani Bersorak!

Alokasi Pupuk Sumsel Melesat! Jumlah Fantastis 72.752 Ton Bikin Petani Bersorak!

Ilustrasi.--

PALEMBANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada tahun 2024 menerima alokasi pupuk urea bersubsidi sebanyak 72.752 ton.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumsel, Yudi Sudihartono, mengungkapkan bahwa alokasi untuk pupuk jenis NPK bersubsidi di daerah tersebut turun menjadi 69.452 ton, dibandingkan dengan alokasi tahun sebelumnya yang mencapai 250 ribu ton untuk pupuk urea dan 188 ribu ton untuk pupuk NPK.

Menurut Yudi, penurunan alokasi ini terjadi akibat keterbatasan anggaran dari pemerintah pusat dan kenaikan bahan baku pupuk NPK.

BACA JUGA:Untuk Menjaga Kamtibmas Pemerintah Kabupaten Empat Lawang Masih Pentingnya Personil Polisi Pamong Praja Desa

"Secara nasional, alokasi pupuk subsidi dibatasi, dimana setiap provinsi hanya mendapatkan sekitar 53 persen dari usulan yang diajukan," jelasnya.

Meski demikian, Yudi Sudihartono menegaskan bahwa pemerintah pusat berencana menambah anggaran pupuk subsidi untuk musim tanam selanjutnya.

Surat dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian menyebutkan rencana penambahan anggaran sebesar Rp14 triliun, setara dengan sekitar 2,5 juta ton pupuk yang sedang dalam proses.

BACA JUGA:Heboh! 350 Personel Polda Sumsel Jalani Tes Kesehatan, Ada Apa Gerangan?

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumsel mencatat penyaluran pupuk bersubsidi jenis urea di wilayah ini mencapai 108 ribu ton hingga November 2023.

Yudi berharap rencana penambahan anggaran tersebut dapat terealisasikan demi mendukung keberlanjutan sektor pertanian di Sumsel. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: