Menelusuri Potensi Besar Kabupaten Landak: Ekonomi Kreatif dan Wisata Hebat

Menelusuri Potensi Besar Kabupaten Landak: Ekonomi Kreatif dan Wisata Hebat

Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.-DISWAY NETWORK-

NGABANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kabupaten Landak adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Barat, dengan ibu kota Ngabang.

Kabupaten ini memiliki luas wilayah 8.831,00 km2 dan jumlah penduduk 406.946 jiwa (2023). Kabupaten ini terdiri dari 13 kecamatan dan 156 desa.

Kabupaten Landak memiliki potensi sumber daya alam yang beragam dan berharga, seperti hutan, tanah, air, mineral, dan keanekaragaman hayati. 

Kabupaten ini juga memiliki warisan budaya yang kaya, seperti seni, tradisi, dan arsitektur lokal.

BACA JUGA:Kabupaten Melawi, Sebuah Kabupaten di Kalimantan Barat dengan Potensi Wisata dan Budaya

Kabupaten ini menawarkan peluang untuk pengembangan ekonomi kreatif, yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan pelestarian lingkungan.

Sektor Unggulan

Berdasarkan hasil kajian, industri utama yang dikembangkan untuk menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi daerah adalah industri pengolahan kelapa sawit, industri pengolahan karet, industri pengolahan kayu, dan industri pengolahan ubi kayu. 

Industri-industri ini dapat memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia secara berkelanjutan dan menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai tambah.

BACA JUGA:Kabupaten Mempawah dan Jejak Kerajaan Melayu Abad ke-15

Selain itu, sektor-sektor lain yang memiliki potensi untuk dikembangkan adalah pertanian, perdagangan, hotel, restoran, dan pariwisata. 

Sektor pertanian dapat menghasilkan tanaman pangan, buah-buahan, sayuran, dan komoditas pertanian lainnya yang dapat dipasarkan. 

Sektor perdagangan, hotel, dan restoran dapat memberikan pelayanan dan fasilitas bagi masyarakat dan pengunjung.

Sektor pariwisata dapat mempromosikan objek-objek wisata yang menarik dan beragam, seperti alam, budaya, dan sejarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: