Perjalanan Kabupaten Sanggau dari Kerajaan Melayu hingga Jadi Bagian Republik Indonesia

Perjalanan Kabupaten Sanggau dari Kerajaan Melayu hingga Jadi Bagian Republik Indonesia

Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.-DISWAY NETWORK-

SANGGAU, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kabupaten Sanggau adalah salah satu daerah tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Ibu kotanya adalah Kapuas. 

Kabupaten Sanggau merupakan salah satu daerah yang terletak di tengah-tengah dan berada di bagian utara provinsi Kalimantan Barat dengan luas daerah 12.857,70 km2 dan jumlah penduduk 492.770 jiwa (2023). Kabupaten ini terdiri dari 15 kecamatan dan 169 desa/kelurahan.

Sebelum berubah menjadi kabupaten, di wilayah Sanggau berdiri suatu kerajaan Melayu yang sudah ada sejak abad ke-4 Masehi. 

Kerajaan ini bernama Kerajaan Sekadau, yang dipimpin oleh Raja Sekadau I. Kerajaan ini memiliki hubungan baik dengan Kerajaan Banjarmasin dan Kerajaan Sintang.

BACA JUGA:Kabupaten Sekadau, Terletak di Segitiga Emas Transportasi dengan Potensi Luar Biasa!

Pada tahun 1756, Sultan Tamjidullah I dari Banjarmasin menandatangani kontrak dengan VOC-Belanda, yang mendaftarkan Kesultanan Banjarmasin sebagai wilayah protektorat Belanda. Kontrak ini juga mencakup wilayah Kerajaan Sekadau.

Pada tahun 1849, berdasarkan Bêsluit van den Minister van Staat, Gouverneur-Generaal van Nederlandsch-Indie, wilayah Kerajaan Sekadau dimasukkan ke dalam wester-afdeeling, yaitu salah satu pembagian administratif Hindia Belanda di Kalimantan Barat.

Pada tahun 1942, setelah Jepang menguasai Indonesia, wilayah Kerajaan Sekadau diubah menjadi Kabupaten Sanggau, yang merupakan bagian dari Dai Nippon Teikoku Seifu (Pemerintah Kekaisaran Jepang). Nama Sanggau diambil dari nama sungai yang mengalir di wilayah tersebut.

Pada tahun 1945, setelah Indonesia merdeklarasi kemerdekaannya, Kabupaten Sanggau menjadi bagian dari Republik Indonesia Serikat (RIS). Pada tahun 1950, RIS dibubarkan dan diganti menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kabupaten Sanggau tetap menjadi bagian dari provinsi Kalimantan Barat.

BACA JUGA:Sintang Terkini! Potensi Daerah dari Perkebunan hingga Pariwisata di Kalimantan Barat

Kabupaten Sanggau memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut:

  • Utara: Kabupaten Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu
  • Selatan: Kabupaten Ketapang
  • Barat: Kabupaten Landak
  • Timur: Negara Bagian Sarawak, Malaysia

Kabupaten Sanggau beriklim tropis dengan rata-rata curah hujan tertinggi mencapai 196 mm terjadi pada bulan Januari dan terendah mencapai 54 mm terjadi pada bulan Juli. Suhu udara rata-rata berkisar antara 23°C hingga 32°C.

Kabupaten Sanggau merupakan daerah dataran tinggi yang berbukit dan rawa-rawa yang dialiri oleh beberapa sungai, seperti Sungai Kapuas dan Sungai Sekayam. Jenis tanah yang terdapat di kabupaten Sanggau adalah jenis podsolik merah kuning batuan dan padat yang hampir merata di seluruh kecamatan dengan luas mencapai sekitar 576.910 ha.

BACA JUGA:Misteri dan Sejarah Kota Pontianak, Jejak Mistis Peluru Meriam dan Hantu Kuntilanak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: