Kabupaten Sekadau, Terletak di Segitiga Emas Transportasi dengan Potensi Luar Biasa!

Kabupaten Sekadau, Terletak di Segitiga Emas Transportasi dengan Potensi Luar Biasa!

Kabupaten Sekadau, Terletak di Segitiga Emas Transportasi dengan Potensi Luar Biasa!-DISWAY NETWORK-

Pada tahun 1756, Kerajaan Sekadau menjadi wilayah protektorat Belanda setelah Sultan Tamjidullah I dari Banjarmasin menandatangani kontrak dengan VOC-Belanda. Kontrak ini juga mencakup wilayah Kerajaan Sintang dan Kerajaan Melawi.

Pada tahun 1849, berdasarkan Bêsluit van den Minister van Staat, Gouverneur-Generaal van Nederlandsch-Indie, wilayah Kerajaan Sekadau dimasukkan ke dalam wester-ooster-afdeeling, yaitu salah satu pembagian administratif Hindia Belanda di Kalimantan Barat.

Pada tahun 1942, setelah Jepang menguasai Indonesia, wilayah Kerajaan Sekadau diubah menjadi Kabupaten Sekadau, yang merupakan bagian dari Dai Nippon Teikoku Seifu (Pemerintah Kekaisaran Jepang). Nama Sekadau diambil dari nama sungai yang mengalir di wilayah tersebut.

Pada tahun 1945, setelah Indonesia merdeklarasi kemerdekaannya, Kabupaten Sekadau menjadi bagian dari Republik Indonesia Serikat (RIS). Pada tahun 1950, RIS dibubarkan dan diganti menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kabupaten Sekadau tetap menjadi bagian dari provinsi Kalimantan Barat.

BACA JUGA:Profil dan Sejarah Kota Singkawang di Balik Keberadaan Amoy dan Festival Cap Go Meh

Potensi Daerah Kabupaten Sekadau

Kabupaten Sekadau memiliki potensi daerah yang cukup besar, terutama di bidang perkebunan, pertanian, dan pariwisata. 

Berikut adalah beberapa potensi daerah Kabupaten Sekadau:

1. Perkebunan: komoditas unggulannya adalah kelapa sawit, karet, kakao, kopi, kelapa, dan lada. Luas areal perkebunan di kabupaten Sekadau mencapai 117.000 ha, yang terdiri dari 85.000 ha perkebunan rakyat, 30.000 ha perkebunan swasta, dan 2.000 ha perkebunan negara.

BACA JUGA:Bukan Hanya Batu Bara, Kabupaten Bulungan Punya Cadangan Emas yang Membuat Dunia Terkejut!

2. Pertanian: komoditas unggulannya adalah padi, jagung, ubi jalar, ubi kayu, dan sayur-sayuran. Luas areal pertanian di kabupaten Sekadau mencapai 26.000 ha, yang terdiri dari 18.000 ha lahan sawah dan 8.000 ha lahan kering.

3. Pariwisata: objek wisata unggulannya adalah wisata alam, seperti air terjun, danau, sungai, hutan, dan flora dan fauna khas Kalimantan. Beberapa objek wisata yang terkenal di kabupaten Sekadau adalah Air Terjun Sibau, Danau Sentarum, Sungai Sekadau, Hutan Lindung Sekadau, dan Taman Nasional Betung Kerihun. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: