Misteri Kekayaan Tersembunyi di Kabupaten Murung Raya, Sumber Emas dan Minyak Bumi yang Terlupakan!

Misteri Kekayaan Tersembunyi di Kabupaten Murung Raya, Sumber Emas dan Minyak Bumi yang Terlupakan!

Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah.-DISWAY NETWORK-

PURUK CAHU, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kabupaten Murung Raya adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. 

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Barito Selatan, dan Provinsi Kalimantan Selatan. 

BACA JUGA:Nama-Nama Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Tengah Berikut Ibukota dan Potensi Daerah

Kabupaten ini memiliki luas wilayah 23.700,00 km2 dan jumlah penduduk sekitar 110 ribu jiwa. Ibu kota kabupaten ini adalah Puruk Cahu, yang terletak di bagian utara kabupaten.

Kabupaten Murung Raya merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam, terutama emas, batu bara, dan minyak bumi

BACA JUGA:Lamandau Dimana? Sensasi Eksplorasi Alam Destinasi Terbaru yang Wajib Kamu Kunjungi di Kalimantan Tengah

Kabupaten ini memiliki beberapa perusahaan tambang yang beroperasi di wilayahnya, seperti PT. Antang Gunung Meratus, PT. Borneo Indobara, PT. Asmin Koalindo Tuhup, dan PT. Pertamina EP Asset 5. 

Kabupaten ini juga memiliki potensi pertanian, perkebunan, dan peternakan, seperti karet, kelapa sawit, kopi, kakao, jagung, padi, sapi, dan ayam.

Selain itu, Kabupaten Murung Raya juga memiliki keindahan alam dan kekayaan budaya yang menarik untuk dikunjungi. 

Kabupaten ini memiliki Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya, yang merupakan kawasan konservasi flora dan fauna, yang meliputi dua gunung tertinggi di Kalimantan, yaitu Gunung Baka (2.074 m) dan Gunung Raya (2.278 m). 

BACA JUGA:Kabupaten Kotawaringin Timur, Daerah Serba Ada di Kalimantan Tengah

Di taman nasional ini, pengunjung dapat melihat berbagai jenis tumbuhan dan hewan langka, seperti orangutan, beruang madu, kijang, burung enggang, dan bunga bangkai.

Kabupaten Murung Raya juga memiliki berbagai objek wisata alam dan budaya, seperti Air Terjun Riam Lapan, Air Terjun Riam Sembilan, dan Rumah Betang. 

Air Terjun Riam Lapan dan Air Terjun Riam Sembilan adalah dua air terjun yang terletak di Desa Tanjung Limau, Kecamatan Murung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: