Inilah Kabupaten yang Punya Potensi Emas dan Batubara Terbesar di Indonesia!

Inilah Kabupaten yang Punya Potensi Emas dan Batubara Terbesar di Indonesia!

Kabupaten Tabalong-DISWAY NETWORK-

TANJUNG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kabupaten Tabalong adalah salah satu Kabupaten yang berada di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

Ibu kota kabupaten ini terletak di kecamatan Tanjung. Kabupaten Tabalong memiliki luas wilayah 3.767,00 km², berpenduduk sebanyak 218.954 jiwa hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010 ). 

Dan pada pertengahan tahun 2023, penduduk kabupaten Tabalong sebanyak 260.555 jiwa.

Nama Tabalong berasal dari kata “tabalung”, yang artinya penjelajah hutan. 

BACA JUGA:Nama-nama Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan Berikut Sejarah, Potensi dan Pariwisata

Hal ini dikarenakan masyarakat Tabalong pada masa lalu hidup berpindah-pindah di hutan untuk mencari sumber daya alam.

Sejarah Kabupaten Tabalong tidak lepas dari pengaruh kerajaan-kerajaan yang pernah berdiri di Kalimantan, seperti Kerajaan Negara Dipa, Kerajaan Nan Sarunai, Kerajaan Majapahit, dan Kerajaan Banjar. 

Kabupaten Tabalong juga pernah mengalami pemberontakan terhadap kolonial Belanda dan Jepang, serta menjadi bagian dari Provinsi Kalimantan Selatan setelah kemerdekaan Indonesia.

Geografis Kabupaten Tabalong terdiri dari dataran rendah dan pegunungan. Sungai Tabalong dan Sungai Barito merupakan sungai utama yang mengalir di kabupaten ini. 

BACA JUGA:Kotabaru di Mana? Yuk Cek Lokasi Surga Wisata di Kalimantan Selatan

Iklim Kabupaten Tabalong termasuk iklim tropis basah, dengan suhu rata-rata 26°C dan curah hujan rata-rata 2.500 mm per tahun.

Potensi Kabupaten Tabalong terletak pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, dan pariwisata. 

Komoditas unggulan kabupaten ini antara lain padi, karet, kelapa sawit, kakao, kopi, jagung, sayur-sayuran, buah-buahan, ternak sapi, ayam, ikan air tawar, batubara, emas, dan pasir kuarsa. 

Beberapa objek wisata yang menarik di Kabupaten Tabalong adalah Gua Babi, Gua Batu Hapu, Air Terjun Haratai, Danau Seran, dan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: