Profil Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan

Profil Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan

Kabupaten Banjar adalah sebuah kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kota Banjar terletak di kecamatan Martapura. -DISWAY NETWORK-

MARTAPURA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kabupaten Banjar adalah sebuah Kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kota Banjar terletak di kecamatan Martapura.

Kabupaten ini memiliki luas wilayah 4.688,00 km² dan berpenduduk sebanyak 575.115 jiwa pada pertengahan tahun 2023. 

Kabupaten Banjar termasuk dalam calon wilayah metropolitan Banjar Bakula.

Kabupaten Banjar merupakan salah satu daerah yang pernah menjadi bagian dari Kesultanan Banjar, sebuah kerajaan Islam yang berdiri sejak abad ke-16. 

BACA JUGA:Nama-nama Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan Berikut Sejarah, Potensi dan Pariwisata

Kesultanan Banjar mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah (1526-1550) dan Sultan Hidayatullah (1550-1570), yang berhasil menguasai sebagian besar wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. 

Kesultanan Banjar juga menjalin hubungan dagang dan diplomatik dengan kerajaan-kerajaan lain di Nusantara, Asia Tenggara, dan Eropa.

Pada tahun 1826, Kesultanan Banjar jatuh ke tangan Belanda setelah menandatangani Perjanjian Banjar, yang mengakui kedaulatan Belanda atas wilayah Banjar. 

Perjanjian ini menimbulkan perlawanan dari rakyat Banjar, yang dipimpin oleh Pangeran Antasari, Pangeran Hidayatullah, dan Demang Lehman. 

BACA JUGA:Sejarah Kabupaten Balangan Berikut Potensi dan Pesona Wisata

Perang Banjar berlangsung selama 25 tahun (1859-1884), dan merupakan perang terpanjang yang pernah terjadi di Indonesia. 

Perang ini berakhir dengan kekalahan rakyat Banjar dan penghapusan Kesultanan Banjar oleh Belanda pada tahun 1860.

Setelah jatuh menjadi daerah protektorat Hindia Belanda, Kabupaten Banjar mengalami beberapa kali perubahan administratif. 

Pada tahun 1898, Kabupaten Banjar masuk ke dalam Afdeeling Martapura, salah satu dari empat afdeeling di Kalimantan Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: