Percepatan Kilat! Tol Bayung Lencir – Tempino, Ruas Pertama JTTS di Jambi, Menuju Penyelesaian Juni 2024

Percepatan Kilat! Tol Bayung Lencir – Tempino, Ruas Pertama JTTS di Jambi, Menuju Penyelesaian Juni 2024

Percepatan Kilat! Tol Bayung Lencir – Tempino, Ruas Pertama JTTS di Jambi, Menuju Penyelesaian Juni 2024.--

JAMBI, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID – Provinsi JAMBI tidak mau ketinggalan dalam mendapatkan proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan mulai mengejar percepatan realisasi proyek Tol di daerahnya.

Saat ini, proyek pembangunan Tol Bayung Lencir – Tempino sepanjang 33,05 km, yang merupakan ruas tol pertama di Jambi, berjalan sesuai rencana.

Tol ini akan menghubungkan Provinsi Jambi dengan Sumatera Selatan, bahkan terhubung hingga Lampung, sebagai seksi 3 dari tol Betung – Tempino – Jambi yang menjadi jalur utama JTTS.

BACA JUGA:6 Artis Ibukota Siap Hibur Warga Muba, di Gebyar Musik Pemilu Damai 2024

Pembangunan tol pertama di Jambi ini dimulai sejak kontrak proyek ditandatangani pada 17 Mei lalu dengan skema pembiayaan konstruksi gabungan antara Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) dan dukungan konstruksi pemerintah.

Proses konstruksi dilakukan melalui Kerja Sama Operasi (KSO) antara PT Hutama Karya (Persero) Tbk, PT Brantas Abipraya, dan Wijaya Karya.

Dengan pembagian porsi pekerjaan, Hutama Karya bertanggung jawab atas 60% pekerjaan jalan tol seksi 3 Bayung Lencir – Tempino, Wijaya Karya 25%, dan Brantas Abipraya 15%.

BACA JUGA:VIRAL! Video Pendaki Setengah Sekarat Pasca Letusan Gunung Marapi

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Y Manurung, menyatakan bahwa proses pembangunan berjalan lancar dan sesuai target saat kunjungannya ke lokasi konstruksi.

"Kami melihat pengerjaannya masih sesuai dengan timeline, dan tentu kita berharap agar pembangunan ini sesuai dengan deadline yang sudah ditetapkan pemerintah," ujarnya.

Meskipun awalnya ditargetkan selesai pada Desember 2024, PT Hutama Karya mengungkapkan potensi percepatan yang bisa membuat target penyelesaian proyek menjadi akhir Juni 2024. 

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Berikan Reward kepada Anggotanya yang Berhasil Tangkap Pelaku Perampokan Toko Emas

Dengan percepatan ini, proses pembangunan tol Bayung Lencir – Tempino hanya memakan waktu 14 bulan. (Pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: