Pemkab OKI Ikut Serta Bentuk Tim Tanggap Insiden Siber

Pemkab OKI Ikut Serta Bentuk Tim Tanggap Insiden Siber

Pemkab OKI Ikut Serta Bentuk Tim Tanggap Insiden Siber.--

PALEMBANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Dalam upaya menjaga keamanan layanan pemerintah berbasis elektronik, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika turut berpartisipasi dalam pembentukan Cyber Security Incident Response Team (CSIRT) Provinsi Sumatera Selatan.

Peluncuran resmi tim CSIRT tersebut dilakukan oleh Penjabat Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni, dan Kepala Badan Siber Sandi Negara (BSSN), Letjen (Purnawirawan) Hinsa Siburian di Griya Agung Palembang pada Jumat, 24 November 2023.

Tim CSIRT yang melibatkan 11 Kabupaten/Kota dan 7 Perguruan Tinggi di Sumatera Selatan dan Lampung bertujuan untuk memastikan keamanan di ruang siber, khususnya pada layanan pemerintah berbasis elektronik.

BACA JUGA:Partai Golkar Resmi Usung 18 Bakal Calon Kepala Daerah di Sumsel untuk Pilkada 2024, Empat Lawang Termasuk!

Hinsa Siburian, Kepala BSSN, menyatakan bahwa kegiatan ini juga diharapkan menjadi wadah bagi CSIRT di instansi pemerintah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman guna memperkuat sinergi dalam mengatasi serangan siber.

Pembentukan CSIRT merupakan bagian dari proyek prioritas strategis nasional pada RPJMN 2020-2024, dengan target pembentukan 131 CSIRT.

Sumsel, dengan partisipasi Kabupaten/Kotanya, menjadi salah satu percotohan proyek ini.

Penjabat Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, menyatakan bahwa langkah ini diambil untuk menjamin keamanan pelayanan publik dalam penggunaan teknologi internet.

BACA JUGA:Polda Bengkulu Berhasil Mengamankan Residivis dan Barang Bukti Narkotika

Dalam menghadapi kemajuan pesat teknologi, Agus Fatoni mengakui manfaat teknologi sekaligus mengingatkan akan potensi risiko kejahatan yang memanfaatkan teknologi.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika OKI, Adi Yanto, menjelaskan bahwa pembentukan CSIRT Ogan Komering Ilir (OKIKab-CSIRT) telah disetujui oleh BSSN.

Tim CSIRT ini memiliki tanggung jawab melaksanakan monitoring, meninjau, dan menanggapi laporan serta aktivitas insiden keamanan siber, dengan tujuan melakukan penyelidikan komprehensif dan melindungi sistem dari insiden keamanan siber.

BACA JUGA:Tim Kampanye Daerah AMIN di Sumsel Tunjuk Fauzi Amro Sebagai Kapten TKD

Dengan bergabung ke tim CSIRT Sumsel, Adi Yanto berharap dapat mengoptimalkan manajemen insiden keamanan siber secara kolektif dan komprehensif, mewujudkan keamanan dalam penggunaan teknologi internet di Kabupaten Ogan Komering Ilir. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: