Arkeolog Baru-baru Ini Temukan Kerangka Gadis 1.200 Tahun yang Dikubur Telungkup di Inggris

Arkeolog Baru-baru Ini Temukan Kerangka Gadis 1.200 Tahun yang Dikubur Telungkup di Inggris

Arkeolog Baru-baru Ini Temukan Kerangka Gadis 1.200 Tahun yang Dikubur Telungkup di Inggris.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Sebuah penelitian terbaru membahas kerangka seorang gadis berusia sekitar 15 tahun dari abad ke-6 hingga ke-9 yang ditemukan dalam posisi telungkup di lubang pemukiman dekat Desa Conington, bagian tenggara Inggris.

Lokasi tersebut, yang merupakan bekas pemukiman dari awal Abad Pertengahan, memunculkan pertanyaan karena mayoritas orang pada masa itu dimakamkan dalam posisi telentang.

Menurut Museum of London Archaeology (MOLA), pemakaman dalam posisi telungkup pada Abad Pertengahan Awal di Inggris dianggap sebagai ekspresi sosial yang menunjukkan perbedaan status sosial atau kematian yang tidak terduga. 

BACA JUGA:Perpaduan Kelezatan Daging Sengkel dengan Aroma Kembang Bumbu, Berikut Resep Soto Sengkel Kembang

Para ahli tulang juga mencatat bahwa meskipun gadis tersebut meninggal tiba-tiba dan tidak menunjukkan tanda penyakit kronis, bukti kekurangan gizi sejak masa kanak-kanak terlihat pada studi tulang belakangnya.

Don Wolker, ahli osteologi di MOLA, mencatat bahwa pemakaman ini memberikan wawasan tragis ke dalam realitas kehidupan pada masa itu, dengan pergelangan kaki gadis tersebut menunjukkan tanda-tanda pernah diikat, mungkin untuk mencegah mayat itu "kabur" dari kuburnya. 

Penempatan tubuhnya dalam lubang yang sebelumnya menahan tiang kayu besar juga menarik perhatian, menciptakan kesamaan dengan pemakaman seorang perempuan dari akhir abad ke-8 hingga ke-9 yang mengalami eksekusi.

BACA JUGA:Kekasih Kehilangan Tas saat Menambal Ban, Pencuri Terekam CCTV

Analisis radiokarbon menetapkan bahwa gadis ini meninggal antara tahun 680 dan 880 Masehi, bersamaan dengan berakhirnya pemukiman pada abad ke-8 dan ke-9. (Pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: