PUPR Rencanakan Pangkas 9 Proyek Strategis Nasional, Diantaranya Jalan Tol Muara Enim-Lahat-Lubuk Linggau

PUPR Rencanakan Pangkas 9 Proyek Strategis Nasional, Diantaranya Jalan Tol Muara Enim-Lahat-Lubuk Linggau

Gedung Utama Kantor Kementerian PUPR di Jakarta.-dok/REL-

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia merencanakan pemangkasan sejumlah proyek dari Daftar proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022. 

Dalam usulan yang diajukan, sebanyak 9 proyek dihapus dari daftar PSN, termasuk proyek pembangunan Jalan Tol Muara Enim-Lahat-Lubuk Linggau.

Menurut Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaya, proyek-proyek yang menjadi fokus pemangkasan melibatkan berbagai sektor. 

Salah satunya adalah proyek penyediaan air baku di Sidan, Bali, dalam sektor air baku. 

BACA JUGA:7 Menteri dari PDIP Dikabarkan Berencana Mundur dari Kabinet Jokowi

Di sektor jalan, terdapat 5 proyek yang akan dihapus, antara lain Jalan tol Rantau Prapat-Kisaran, Jalan Tol Langsa-Lhokseumawe, Jalan Tol Lhokseumawe-Sigli, Jalan Tol Dumai-Sp. Sigambal-Rantau Prapat, dan Jalan Tol Muara Enim-Lahat-Lubuk Linggau di Sumsel.

"Langkah ini merupakan bagian dari strategi lebih lanjut yang tengah ditempuh oleh Kementerian PUPR," ujar Endra. 

Sektor air minum juga turut menjadi sorotan dengan usulan pemangkasan 3 proyek, melibatkan SPAM Djuanda/Jatiluhur II Jawa Barat-DKI Jakarta, SPAM Jati Gede Jawa Barat, dan SPAM Kamijoro D.I Yogyakarta.

Meskipun langkah ini dapat memberikan dampak signifikan terhadap proyek-proyek tersebut.

BACA JUGA:Aksi Bela Palestina di PALI Behasil Kumpulkan Dana Rp34,5 Juta

Tetapi perhatian khusus diperlukan terkait konektivitas antarkota di Provinsi Sumatera Selatan yang masih jauh dari harapan untuk terkoneksi oleh jalan bebas hambatan, khususnya dengan pencoretan proyek Jalan Tol Muara Enim-Lahat-Lubuk Linggau. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: