Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Indralaya - Prabumulih Resmi Beroperasi

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Indralaya - Prabumulih Resmi Beroperasi

Istimewa/internet --

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Indralaya - Prabumulih di Sumatera Selatan telah resmi beroperasi sejak Rabu, 30 Agustus.

Saat ini, jalan tol sepanjang 64,5 kilometer ini masih gratis bagi pengguna.

Menurut Syamsul Rijal, Branch Manager Hutama Karya Cabang Tol Palembang-Indralaya, pengguna yang masuk dari Palembang dan keluar di Prabumulih hanya dikenakan tarif Tol Palembang-Indralaya.

Waktu mulai diberlakukannya tarif di ruas tersebut masih menunggu keputusan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

BACA JUGA:Tarif Tol Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Naik pada 25 Mei 2023

Rijal juga menjelaskan bahwa penerangan di ruas tol tersebut hanya tersedia di beberapa titik, seperti di u-turn dan jalan bersusun, karena tol ini masuk dalam kategori luar kota.

Terkait dengan rest area, pihak pengelola telah menyiapkan fasilitas di sisi kiri dan kanan di KM 56, yang akan diisi oleh UMKM dari daerah setempat.

Mereka juga telah berkoordinasi mengenai SPBU, dengan rencana untuk membuka SPBU modular terlebih dahulu hingga sesuai dengan desain awal.

Tol Indralaya Prabumulih telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada 7 Juli 2023 dan Keputusan Menteri PUPR tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Simpang Indralaya - Prabumulih.

BACA JUGA:Tol Palembang-Bakauheni Daftar Gerbang dan Tarifnya, Simak Informasinya!

Sebelum beroperasi, tol ini telah diuji coba dan telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol.

Tarif yang akan berlaku diperkirakan sekitar Rp1.338 per kilometer, namun detail lebih lengkap akan diinformasikan setelah ditetapkan oleh Menteri PUPR.

Pengguna jalan diimbau untuk selalu mematuhi aturan dan tata tertib di jalan tol, serta memastikan kecukupan saldo kartu uang elektronik (UE) sebelum memasuki gerbang tol.

Aplikasi HK Toll Apps dapat digunakan untuk cek saldo UE dan top up saldo UE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: