KEREN! Peningkatan Infrastruktur, Dua Proyek Tambahan, Jabodetabek di Kepung Tol

KEREN! Peningkatan Infrastruktur, Dua Proyek Tambahan, Jabodetabek di Kepung Tol

KEREN! Peningkatan Infrastruktur, Dua Proyek Tambahan, Jabodetabek di Kepung Tol.--

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pemerintah saat ini sedang dalam tahap lelang untuk beberapa ruas jalan tol, di antaranya dua ruas yang memiliki peran vital dalam tersambungnya JAKARTA Outer Ring Road (JORR) III, yang menghubungkan Jabodetabek dan wilayah sekitarnya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR pada Selasa, 28 Maret 2023, mengungkapkan bahwa dua proyek tol terakhir, yaitu Bogor-Serpong via Parung dan Sentul Selatan-Karawang Barat, merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) III.

Ruas tol Bogor-Serpong via Parung memiliki panjang 31,12 km, sementara Sentul Selatan-Karawang Barat dua kali lipat lebih panjang, yaitu 61,50 km.

BACA JUGA:Misteri Gunung Padang: Artefak Bersejarah atau Fenomena Alam?

Kedua ruas ini ditargetkan akan memiliki Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada kuartal III 2023 ini.

Biaya lelang Tol Bogor-Serpong via Parung mencapai Rp 8,95 triliun dan saat ini sedang dalam tahap persiapan oleh panitia, termasuk permohonan jawaban pertanyaan.

Sementara itu, untuk ruas Sentul Selatan-Karawang Barat, sedang dalam proses konfirmasi pembaruan dokumen oleh Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur (DJPI) dengan biaya lelang mencapai Rp 15,37 triliun.

BACA JUGA:Penjelajahan Gua Hatusaka Keajaiban di Timur Indonesia Salahsatu Destinasi Unik

Apabila kedua ruas tol ini berhasil tersambung, kawasan Jabodetabek akan memiliki lima jaringan atau ring jalan tol, terdiri dari JORR 1, JORR 2, JORR 3, 6 ruas tol DKI Jakarta, dan Tol Dalam Kota.

Selain dua ruas ini, pemerintah juga sedang dalam proses lelang untuk tiga ruas tol lainnya, yaitu Kamal-Teluknaga-Rajeg sepanjang 39,20 km yang saat ini sedang dievaluasi oleh tim penjamin mutu, Tol Cikunir-Ulujami sepanjang 21,5 km yang sedang dalam proses negosiasi, dan proyek Jalan Tol Kediri-Tulungagung sepanjang 44,51 km. (Pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: